Ramsay Hunt Syndrome Penyakit yang Justin Bieber Alami, Simak Gejala dan Penyebabnya

Senin, 13 Juni 2022 | 12:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ramsay Hunt Syndrome Penyakit yang Justin Bieber Alami, Simak Gejala dan Penyebabnya

ILUSTRASI. Kelumpuhan wajah adalah salah satu gejala penyakit ramsay hunt syndrome.


KONTAN.CO.ID - Baru-baru ini jagat media sosial digemparkan oleh unggahan salah satu penyanyi ternama di dunia, Justin Bieber yang mengalami ramsay hunt syndrome. Kenali gejala dan penyebab penyakit ini.

Melalui akun Instagramnya, Justin Bieber mengungkapkan penyakit ramsay hunt syndrome yang dia derita. Sekaligus, pelantun Baby ini meminta maaf lantaran harus menunda sementara waktu rangkaian konser solonya, Justice World Tour 2022. 

Lantas tahukah Anda apa itu ramsay hunt syndrome?

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Ikan yang Menarik Untuk Anda Ketahui, Simak!

Pengertian ramsay hunt syndrome

Dilansir dari Mayoclinic, ramsay hunt syndrome adalah penyakit yang disebabkan oleh wabah herpes zoster yang memengaruhi saraf wajah di salah satu telinga. 

Selain itu, ramsay hunt syndrome juga menimbulkan rasa sakit yang membuat tidak nyaman di area wajah. Bahkan, lebih buruk lagi, ramsay hunt syndrome bisa menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga seperti yang dialami Justin Bieber.

Ramsay hunt syndrome umumnya disebabkan oleh virus yang serupa dengan cacar air. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada jika mengalami cacar air karena berisiko terkena ramsay hunt syndrome dikemudian hari.

Pasalnya, virus bisa akan tetap hidup setelah cacar air sembuh bahkan saat sudah bertahun-tahun.

Jika Anda mengalami ramsay hunt syndrome seperti Justin Bieber, segeralah untuk pergi ke dokter sebelum muncul komplikasi. Soalnya, ramsay hunt syndrome dapat melumpuhkan wajah dan tuli secara permanen jika dibiarkan. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, Baik Untuk Sistem Pencernaan loh

Gejala ramsay hunt syndrome

Selain kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran, ramsay hunt syndrome juga menimbulkan gejala-gejala lain yang tak boleh dianggap sepele. 

Dilansir dari Mayoclinic, gejala ramsay hunt syndrome di antaranya sakit telinga, telinga berdering, kesulitan menutup satu mata, vertigo, hilangnya persepsi rasa, dan mata kering. 

Segera hubungi dokter jika Anda sudah mengalami kelumpuhan wajah atau ruam herpes zoster di wajah Anda akit ramsay hunt syndrome.

Baca Juga: Sering Kesemutan? Simak 4 Penyebab yang Mungkin Anda Alami

Penyebab ramsay hunt syndrome

Menurut Mayoclinic, ramsay hunt syndrome biasanya terjadi pada orang yang pernah menderita cacar air. Meski telah sembuh selama bertahun-tahun, virus akan tetap mengedap dan dapat berisiko menjadi penyebab ramsay hunt syndrome. 

Ramsay hunt syndrome bisa terjadi pada siapa saja yang pernah menderita cacar air. Namun, biasanya orang dewasa atau lebih tua mempunyai risiko yang lebih tinggi serta ramsay hunt syndrome jarang terjadi pada anak-anak.

Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan vaksin cacar air. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik sehingga terhindar dari virus yanv menjadi penyebab ramsay hunt syndrome.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru