Rambutan tingkatkan kualitas sperma

Senin, 10 Oktober 2016 | 13:48 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Rambutan tingkatkan kualitas sperma

Jakarta. Buah rambutan memang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sebab buah ini memang buah yang asli dari Asia Tenggara. Siapa sangka buah yang menyerupai leci ini ternyata menyimpan manfaat tersembunyi yang banyak tidak mengetahuinya.

Berikut manfaat buah rambutan yang baik untuk tubuh dan kesehatan, seperti dilansir dari Medicaldaily.co.uk.

1. Menurunkan berat badan

Ternyata, rambutan bisa digolongkan dalam buah yang dapat menurunkan berat badan! Rambutan ternyata dapat mengurangi lemak dalam tubuh yang berlebihan. Kadar serat dalam rambutan efektif dalam mengurangi kadar lemak tubuh. Rambutan juga memiliki kadar air yang tinggi serta jumlah kalori yang rendah sehingga sangat cocok bagi yang sedang diet.

2. Sumber zat besi

Zat besi biasa didapatkan dari daging-dagingan namun ternyata rambutan juga kaya zat besi. Kita bisa mencukupkan kadar zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi rambutan. Zat besi memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti anemia.

3. Merawat kulit dan rambut

Kamu mau tampil cantik? Ternyata, rambutan bisa menjadi perawatan kulit dan rambut yang terjangkau dan mudah untuk dilakukan. Kandungan air yang tinggi dalam rambutan akan menjaga kandungan air dalam kulit dan membuatnya tetap lembut. Kandungan air ini juga memiliki efek yang sama pada kualitas rambut.

4. Kaya akan vitamin C

Tidak hanya jeruk, rambutan juga memiliki jumlah vitamin C yang cukup tinggi. Mengonsumsi 10 hingga 12 buah rambutan akan memberikan tubuh 70 hingga 90 miligram vitamin C. Vitamin jenis ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko kurangnya penyerapan zat besi dalam tubuh.

5. Meningkatkan kualitas sperma

Jumlah vitamin C yang tinggi ternyata penting untuk perkembangan sperma. Rajin mengonsumsi buah rambutan ternyata dapat meningkatkan produksi sperma. Selain kuantitas, kualitas sperma juga meningkat dengan rambutan.

6. Mencegah kanker

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh University of Chiang Mai di Thailand. Penelitian ini menemukan manfaat buah rambutan yakni mencegah kanker. Buah ini mengandung antioksidan yang efektif dan dikenal dengan flavonoid. Zat ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan memiliki sifat anti-kanker.

(Gisela Niken/Tabloid Nakita)

Editor: Adi Wikanto
Terbaru