Kecantikan & Kebugaran

Rambut rontok? Coba manfaatkan lidah buaya untuk rambut

Rabu, 20 Januari 2021 | 17:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Rambut rontok? Coba manfaatkan lidah buaya untuk rambut

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat. Tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan kulit, lidah buaya juga berdampak pada kondisi rambut. Manfaat lidah buaya untuk rambut berasal dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Lidah buaya bisa digunakan sebagai antiseptik yang mampu mengurangi inflamasi dan infeksi bakteri. Mengutip dari Simply Organic (simplyorganicbeauty.com), manfaat tersebut berasal dari kandungan yang bernama bradykinase.

Bradykinase adalah enzim antiinflamasi yang sejenis dengan asam salisilat dalam aspirin. Hal itu menunjukkan bahwa ada berbagai macam masalah rambut dan kulit kepala yang bisa disembuhkan dengan lidah buaya.

Menstimulus Pertumbuhan Rambut

Apakah Anda mengalami rambut rontok atau kebotakan? Jika iya, cobalah untuk memanfaatkan lidah buaya. Bahan alami tersebut mengandung enzim yang mampu mengangkat sel kulit mati. Artinya, penyumbatan folikel rambut bisa dicegah dan nutrisi bisa masuk dengan lebih mudah.

Selain itu, lidah buaya juga dapat membersihkan penumpukan sebum sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih maksimal. Kandungan dalam bahan alami itu pun mampu menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga kelembabannya tetap terjaga.

Baca Juga: Ini bahan alami yang bisa menjadi obat rambut rontok

Mengurangi Rasa Gatal

Mengurangi rasa gatal adalah manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya yang bisa Anda rasakan. Tak hanya mengurangi rasa gatal, kandungan antipruritik yang terdapat dalam lidah buaya juga mampu mengatasi kondisi kulit kepala yang kering.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondisi penderita psoriasis membaik setelah mendapat perawatan yang memakai lidah buaya. Rasa gatal, kemerahan, kulit kepala yang terkelupas bisa hilang karena bahan alami tersebut.

Mengurangi Ketombe

Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah mengurangi kemunculan ketombe.

Ketombe merupakan salah satu tanda kondisi kesehatan tertentu yang dialami seseorang, seperti malassezia atau infeksi jamur. Simply Organic mengatakan bahwa hal itu bisa diatasi dengan memakai lidah buaya.

Selain mengangkat sel kulit mati, antijamur dalam lidah buaya juga mampu mencegah infeksi jamur yang lebih parah. Anda bisa mencuci rambut dan kulit kepala dengan sampo lidah buaya secara rutin untuk mengatasi masalah ketombe.

Baca Juga: Sederet Manfaat lidah buaya sebagai obat herbal untuk batuk sampai diabetes

Merapikan Rambut

Salah satu masalah rambut lain yang dialami oleh banyak orang adalah rambut yang sulit ditata. Anda bisa mengatasi hal itu dengan memakai produk perawatan yang terbuat dari lidah buaya. Tekstur dan komposisi lidah buaya lebih mudah masuk ke kulit kepala.

Hasilnya, rambut menjadi lebih mudah ditata sehingga terlihat rapi. Apalagi lidah buaya juga memiliki 20 asam amino yang berguna untuk kesehatan rambut dan kulit kepala Anda.

Selanjutnya: Cara meluruskan rambut pria dengan 7 bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru