Ragam Manfaat Jalan Kaki buat Kesehatan Tubuh, Olahraga Murah dan Mudah Dilakukan

Jumat, 05 Agustus 2022 | 13:31 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ragam Manfaat Jalan Kaki buat Kesehatan Tubuh, Olahraga Murah dan Mudah Dilakukan

ILUSTRASI. Ragam Manfaat Jalan Kaki buat Kesehatan Tubuh, Olahraga Murah dan Mudah Dilakukan.


KONTAN.CO.ID -  Salah satu olahraga yang mudah dilakukan serta hemat adalah jalan kaki. Namun sayangnya, masyarakat Indonesia kurang menyukai aktifitas ini bahkan mendapatkan peringkat "Si Paling Malas Jalan Kaki".

Menurut studi dari ilmuwan Stanford, Indonesia merupakan negara yang paling malas jalan kaki di seluruh dunia. Rata-rata orang Indonesia hanya berjalan kaki 3.513 langkah setiap hari.

Dede Nasrullah, dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), mengatakan, jalan kaki sering kali dianggap sepele dibanding jenis aktivitas lain yang lebih berat, seperti joging atau bersepeda.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki bisa memberi banyak manfaat jika dilakukan secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari," jelasnya, seperti dikutip dari situs UM Surabaya.

Baca Juga: Jumlah Soal dan Waktu Pengerjaan Asesmen Nasional 2022 Jenjang SMP

10 Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh 

Dede menyebutkan, manfaat pertama adalah mencegah penyakit stroke dan jantung. Jalan kaki secara rutin dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan sirkulasi darah sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung.

"Manfaat kedua dapat mencegah penyakit diabetes. Jalan kaki dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 50%, hal ini karena jalan kaki dan olahraga lainnya dapat memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa," tambahnya.

Manfaat jalan kaki yang ketiga adalah membantu program diet menurunkan berat badan.

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respons tubuh terhadap insulin dan dapat mengurangi lemak perut. Berjalan kaki 30 menit sehari bisa membakar 200 kalori per minggunya.

Keempat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut Dede, olahraga jalan kaki dapat membantu meningkatkan jumlah sel kekebalan dalam tubuh. 

Sebuah studi menunjukkan, seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap hari akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga.

Kelima, memperkuat sendi dan tulang. Jalan kaki secara teratur juga bisa meningkatkan mobilitas sendi, mencegah menurunnya masa tulang, bahkan juga mengurangi risiko keretakan.

Manfaat jalan kaki keenam, mencegah penyakit osteoporosis. Jalan kaki dapat mencegah terjadinya osteoporosis sehingga tulang tidak menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah.

Ketujuh, menghilangkan sakit punggung. Berjalan kaki mendorong perbaikan sirkulasi darah di dalam struktur tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas yang vital bagi kesehatan tulang belakang.

Baca Juga: BUMN Sucofindo Buka Lowongan Kerja Agustus 2022, Simak Kriterianya Ini

Kedelapan, menambah volume paru. Jalan kaki setiap hari adalah dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah.

Hal ini juga dapat membantu orang bernapas lebih dalam dan lebih baik sehingga terhindar dari penyakit paru-paru.

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang kesembilan dapat mengurangi stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi.

Terakhir atau kesepuluh, dapat memperbaiki pencernaan. Jalan kaki 30 menit per hari juga bisa mengurangi risiko kanker usus akan tetapi juga memperbaiki pencernaan. 

"Saat berjalan kaki badan bergerak ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib dan lancar," kata Dede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru