Punya segudang nutrisi, inilah 5 manfaat jus alpukat

Jumat, 12 Februari 2021 | 11:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Punya segudang nutrisi, inilah 5 manfaat jus alpukat

ILUSTRASI. Manfaat jus alpukat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Alpukat adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Tidak hanya enak untuk dimakan langsung, jenis buah tersebut juga cocok untuk dijus. Manfaat jus alpukat tetap bisa Anda dapat, asalkan Anda tidak menambahnya dengan pemanis buatan.

Banyaknya lemak sehat dan sedikitnya kalori yang terkandung dalam alpukat membuat jenis buah ini cocok dikonsumsi saat Anda ingin menurunkan berat badan. Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi alpukat secara rutin berdampak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), alpukat mampu menurunkan tekanan darah dan membantu persendian untuk bekerja secara optimal. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dengan mengonsumsi alpukat secara rutin.

Mengontrol Tekanan Darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, cobalah untuk lebih sering mengonsumsi alpukat. Buah tersebut mengandung banyak kalium dan sedikit sodium sehingga mampu mengontrol tekanan darah Anda dengan baik.

Antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mampu mengontrol jumlah kolesterol jahat dan kolesterol baik dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhindar dari risiko stroke dan penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Catat, ini 7 makanan pembakar lemak yang bisa membantu diet

Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat jus alpukat adalah menjaga kesehatan mata.

Manfaat jus alpukat selanjutnya yang bisa Anda dapat adalah kesehatan mata terjaga. Seperti yang sudah dikatakan, alpukat mengandung banyak antioksidan sehingga radikal bebas penyebab penyakit dapat dilawan.

Tidak hanya itu, NDTV Food mengatakan bahwa alpukat memiliki lutein dan zeaxanthin yang dapat mengurangi efek buruk sinar UV. Vitamin A dalam alpukat pun bermanfaat untuk menurunkan risiko degenerasi makular pada orang tua.

Menjaga Sistem Pencernaan

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, mengonsumsi alpukat pun mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Serat akan mempermudah feses untuk keluar dari tubuh Anda sehingga buang air besar jadi lancar dan Anda terhindar dari sembelit.

Baca Juga: Jus buah dan sayur yang efektif mengobati asam urat

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jus alpukat yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami tersebut cocok untuk menjaga kesehatan kulit. Ada banyak vitamin C dan vitamin E dalam alpukat yang membuat kulit terlihat lebih cerah dan terawat.

Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan, alpukat berguna untuk menurunkan berat badan. Dalam 100 g alpukat, Anda bisa mendapat 7 g serat. Dengan begitu, Anda menjadi tak mudah merasa lapar karena mengonsumsi alpukat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selanjutnya: 7 Manfaat daun pepaya sebagai obat herbal untuk jerawat sampai batu ginjal

Editor: Belladina Biananda
Terbaru