kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya Penyakit Asma? Kenali 5 Obat Alami yang Ampuh Untuk Mengatasi Gejalanya


Senin, 13 Juni 2022 / 15:11 WIB
Punya Penyakit Asma? Kenali 5 Obat Alami yang Ampuh Untuk Mengatasi Gejalanya
ILUSTRASI. Obat asma alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Salah satu cara alternatif mengobati penyakit asma adalah dengan mengonsumsi obat alami secara rutin. Asma adalah penyakit atau gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pernapasan yang menyempit atau meradang.

Jika asma tidak segera diatasi, akibatnya Anda akan lebih sulit untuk bernapas baik saat menghirup maupun mengempaskan udara karena saluran pernapasannya telah terinflamasi atau meradang. 

Asma dapat disebabkan oleh faktor genetik maupun lingkungan. Lingkungan dalam arti di sini adalah alergi terhadap beberapa hal, seperti debu, asap, dan lain-lain. 

Baca Juga: Kenali 5 Makanan Penurun Asam Urat yang Mudah Ditemukan, Ampuh!

Merangkum dari PharmEasy, ada beberapa obat alami asma yang bisa membantu meredakan gejala serta mudah untuk dicari dan didapatkan. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

Bawang putih 

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk meredakan gejala asma. Sebab, bawang putih mengandung antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di saluran pernapasan. 

Madu 

Madu juga dipercaya bisa dijadikan obat alami asma. Madu memang mempunyai banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah bisa melancarkan tenggorokan karena batuk yang menjadi salah satu gejala asma. 

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Ikan yang Menarik Untuk Anda Ketahui, Simak!

Jahe 

Obat alami asma lainnya adalah jahe. Rempah ini cukup populer menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan dan kerap dijadikan obat alami atau tradisional. 

Kandungan antiinflamasi dalam jahe dipercaya mampu mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat asma. 

Kunyit 

Selain jahe, kunyit juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untu meredakan gejala asma. Terlebih, jika Anda mempunyai alergi, ekstrak kunyit mengandung antialergi yang bisa membantu meredakan asma akibat alergi. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, Baik Untuk Sistem Pencernaan loh

Minyak omega 3 

Rekomendasi obat alami asma selanjutnya adalah mintak omega 3 yang berasal dari ikan. Selain bisa dijadikan obat asma, minyak omega 3 juga mampu meningkatkan fungsi organ tubuh secara keseluruhan. 

Itulah beberapa obat alami yang bisa dijadikan pilihan untuk mengurangi gejala asma. Meski demikian sebelum mengonsumsi bahan-bahan alami tersebut, Anda tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×