kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya Masalah Perut Kembung? Ini Cara Alami Mengatasi Perut Kembung dan Sering Kentut


Kamis, 01 Januari 1970 / 07:00 WIB
Punya Masalah Perut Kembung? Ini Cara Alami Mengatasi Perut Kembung dan Sering Kentut
ILUSTRASI. Punya Masalah Perut Kembung? Ini Cara Alami Mengatasi Perut Kembung dan Sering Kentut.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Anda mungkin pernah mengalami perut kembung hingga membuat kentut. Kondisi ini merupakan kondisi yang alami dan semua orang mengalami hal ini.

Namun gangguan ini terkadang membuat tidak nyaman terlebih jika muncul terlalu sering. Terlalu sering mengeluarkan gas disebabkan oleh aktivitas dalam sistem pencernaan mengalami masalah.

Meskipun pada kasus ini tidak terdapat kegawatan medis atau kekhawatiran yang lebih, namun ada banyak orang yang terganggu akibat perut kembung. 

Contohnya seperti saat tertidur malam hari dan di pagi hari karena mengeluarkan gas atau kentut yang berlebihan.

Baca Juga: Ini Materi Tes SNBT 2023 yang Wajib Dipelajari Calon Mahasiswa, Apa Saja?

Penyebab dan cara mengatasi perut kembung

Ners Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Islam Syarifurrahman menyebut seseorang yang sering mengalami perut kembung lalu kentut diakibatkan proses pencernaan makanan yang tidak lancar.

“Penyebabnya adalah adanya perubahan pola makan, terdapat gangguan pada pencernaan, dan sembelit,” tutur Islam melansir situs UM Surabaya.

Menurutnya, pada kasus tersebut perlu diketahui bahwa seseorang memiliki organ tubuh yakni pankreas yang memiliki peran penting dalam system pencernaan serta memproduksi berbagai enzim.

“Apabila pankreas gagal memproduksi enzim dengan baik, tubuh seseorang dapat mengalami gangguan yang disebut malaborsi makanan, kejadian ini membuat perut menjadi kembung serta ditandai dengan mengeluarkan gas atau kentut,” tambahnya lagi.

Islam membagikan tips apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi perut kembung dan sering mengeluarkan gas atau kentut, diantaranya:

1. Mengonsumsi buah. 

Buah-buahan seperti mangga, alpukat, papaya, nanas  dan lain-lain mengandung enzim pencernaan yang alami dan buah-buahan tersebut mengandung bromelin yang dapat memecah protein menjadi asam amino yang menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Link Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Batch 2 dan Cara Cek Lowongan yang Tersedia

2. Perbanyak minum air putih

Apabila perut kembung, perbanyak konsumsi air putih agar tidak menyebabkan kentut berlebih. Hal ini dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan tepat dan akan lebih cepat diserap oleh usus.

3. Olahraga

Cara terakhir untuk mengatasi perut kembung adalah dengan melakukan olahraga secara teratur dengan gerakan yoga, kardio serta gerakan olahraga perut.

“Olahraga dapat memudahkan proses pencernaan yang dapat membantu mendorong gerakan usus sehingga timbunan gas yang berlebih di perut dapat berkurang,” pungkas Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×