Puncak Kasus Juli, Ini Ciri-Ciri Gejala Omicron BA.4 & BA.5 pada Pasien di Indonesia

Senin, 13 Juni 2022 | 23:05 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Puncak Kasus Juli, Ini Ciri-Ciri Gejala Omicron BA.4 & BA.5 pada Pasien di Indonesia


KONTAN.CO.ID - Subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 yang lebih menular telah terdeteksi di Indonesia. Dan, Kementerian Kesehatan memperkirakan, puncak kasus bisa terjadi di minggu ketiga Juli. Kenali ciri-ciri gejala BA.4 dan BA.5 

"Pengamatan kami, gelombang BA.4 dan BA.5, puncaknya satu bulan setelah penemuan kasus pertama. Jadi, harusnya di minggu ketiga Juli kita akan lihat puncak kasus dari BA.4 dan BA.5," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin (13/6).

Ada empat kasus subvarian baru BA.4 dan BA.5 pertama yang terdeteksi di Indonesia pada 6 Juni 2022. Keempat kasus ini terdiri dari 1 orang positif BA.4, seorang WNI dengan kondisi klinis tidak bergejala serta vaksinasi sudah dua kali.

Sisanya tiga orang positif BA.5. Mereka merupakan pelaku perjalanan luar negeri, delegasi pertemuan the Global Platform for Disaster Risk Reduction di Bali yang berlangsung pada 23 sampai 28 Mei lalu.

Baca Juga: Kemenkes: Omicron BA.4 dan BA.5 Memiliki Tingkat Keparahan yang Rendah

Kondisi klinis tiga orang itu, Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan, dua di antaranya tidak bergejala dan satu lain memiliki gejala ringan dengan:

  • sakit tenggorokan
  • badan pegal

"Transmisi BA.4 maupun BA.5 memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat dibanding subvarian Omicron BA.1 dan BA.2," katan Syharil, dikutip dari sehatnegeri.kemkes.go.di, Senin (13/6).

"Secara keseluruhan, gejala Covid-19 tetap cukup konsisten, dengan BA.4 dan BA.5 tidak ada perbedaan besar dari gejala Omicron lainnya," kata Thomas Russo, Profesor dan Kepala Penyakit Menular Universitas Buffalo, New York, AS, seperti dikutip Prevention. 

Baca Juga: Puncak Penularan Varian BA.4 Diprediksi Sepertiga dari Puncak Delta dan Omicron

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mencatat, pasien Covid-19 dengan Omicron umumnya memiliki gejala berikut:

  • Batuk
  • Kelelahan
  • Hidung tersumbat atau pilek
  • Nyeri otot atau tubuh

Itulah gejala ciri-ciri BA.4 dan BA.5 yang mesti masyarakat waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru