Proses Kematian Sudah Mulai Terlihat sekitar 1-3 Bulan Sebelum Kematian, Sudah Tahu?

Jumat, 27 Mei 2022 | 08:17 WIB Sumber: Kompas.com
Proses Kematian Sudah Mulai Terlihat sekitar 1-3 Bulan Sebelum Kematian, Sudah Tahu?

ILUSTRASI. Diyakini, proses kematian yang wajar berlangsung jauh sebelum kematian itu terjadi, seperti 1-3 bulan. REUTERS/Fabrizio Bensch


KONTAN.CO.ID - Kematian merupakan rahasia Ilahi. Namun, diyakini, proses kematian yang wajar berlangsung jauh sebelum kematian itu terjadi, seperti 1-3 bulan. 

Mengutip Verywell Health, ada perubahan fisik, mental, dan emosional tertentu yang bisa diamati menjelang kematian manusia yang wajar, yaitu karena usia tua atau sakit. 

Mengutip Healthline, kematian adalah tahap di mana seseorang sudah kehilangan kemampuan hidupnya yang ditandai dengan: 

  • Pernapasan berhenti
  • Tidak ada denyut nadi dan detak jantung
  • Tidak ada tekanan darah yang terukur
  • Pupil melebar
  • Otot-otot tubuh rileks
  • Usus dan kandung kemih kosong
  • Kulit pucat dan berlilin ketika darah mengendap. 

Namun, sesaat mungkin Anda masih bisa melihat air mata yang menetes dari mata atau gerakan kecil dari lengan dan kaki, meski orang yang bersangkutan sudah dinyatakan meninggal. 

Hal itu adalah penampakan yang normal terjadi pada orang meninggal. Sebelum sampai pada kematian, manusia secara umum akan mengalami tanda-tandanya jauh sebelum itu. 

Baca Juga: Sering Dianggap Remeh, Ini 11 Ciri-Ciri Kanker Darah

Berikut tahapan proses kematian manusia: 

1-3 Bulan sebelum 

Mengutip Verywell Health, bagi banyak orang, proses kematian sudah mulai terlihat sekitar 1-3 bulan sebelum kematian. Proses kematian cukup mirip untuk semua jenis kelamin, meskipun ada beberapa perbedaan. 

Kebanyakan wanita lebih mungkin untuk melihat kembali kehidupan mereka dan memikirkan penyesalan relasional. Kebanyakan pria lebih cenderung menarik diri, tidak ingin terlihat tidak berdaya atau membutuhkan. 

Perubahan mental dan perilaku 

Ketika seseorang menyadari kematian mereka sudah semakin dekat, mereka mungkin mulai menarik diri. Mereka memulai proses pemisahan diri dari dunia dan orang-orang yang dikenal. 

Orang yang Anda cintai mungkin menolak kunjungan dari teman, tetangga, dan bahkan anggota keluarga. Ketika mereka benar-benar menerima kunjungan itu, mungkin sulit bagi mereka untuk berinteraksi dan bagi Anda untuk merawat mereka pada saat itu. 

Ini adalah saat ketika seseorang mulai merenungi hidup mereka dan mengingat kembali kenangan masa lalu dengan memiliki penyesalan demi penyesalan. 

Baca Juga: Selain Pusing Kepala, Ini Gejala Darah Rendah yang Harus Diwaspadai

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru