kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Praktikkan 5 kebiasaan ini jika ingin punya kulit sehat, mudah kok!


Senin, 15 November 2021 / 05:15 WIB
Praktikkan 5 kebiasaan ini jika ingin punya kulit sehat, mudah kok!


Reporter: Ana Risma | Editor: Ana Risma

KONTAN.CO.ID - Kulit yang sehat adalah cerminan dari seberapa besar usaha yang telah Anda lakukan untuk merawatnya.

Untuk mewujudkannya, beragam produk skincare dan perawatan di klinik kecantikan mungkin bisa Anda jajal. Namun, kulit sehat yang sejati haruslah diawali dengan menerapkan berbagai kebiasaan positif setiap hari.

Kira-kira, kebiasaan apa saja yang harus dipraktikkan untuk menciptakan kulit nan sehat? Melansir Mayo Clinic, inilah kebiasaan-kebiaasaan tersebut.

Baca Juga: Serangan kalajengking melanda Mesir, 3 tewas, ratusan lainnya luka-luka

1. Lindungi diri dari sinar matahari

Salah satu cara paling ampuh untuk merawat kulit Anda adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar matahari yang terus-menerus dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik penuaan, serta mampu meningkatkan risiko kanker kulit.

Oleh sebab itu, lindungilah kulit Anda dengan rutin menggunakan sunscreen berspektrum luas dengan SPF minimal 15. Aplikasikan kembali sunscreen setiap 2 jam atau gunakan lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.

Selain rajin menggunakan sunscreen, Anda juga disarankan untuk menghindari sinar matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore. Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan pakaian tertutup ketika Anda harus berkegiatan outdoor di bawah sinar matahari yang kuat. Jika memungkinkan, gunakan juga topi bertepi lebar dan kacamata hitam sebagai perlindungan ekstra.

Baca Juga: Saham Big Caps Bakal Lebih Moncer di Akhir Tahun

2. Jangan merokok

Kebiasaan merokok akan membuat kulit terlihat lebih tua dan rentan akan kerutan. Merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit dan membuat kulit menjadi lebih pucat. Kebiasaan ini juga akan menghabiskan oksigen dan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit.

Sering merokok akan merusak kolagen dan elastin yang dibutuhkan untuk memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Efek negatif lainnya dari merokok yaitu bisa meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa. Jika Anda seorang perokok namun ingin kulit senantiasa sehat dan muda, maka cara terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan berhenti merokok sekarang juga.

3. Rawat kulit dengan lembut

Pembersihan dan pencukuran setiap hari dapat berdampak buruk bagi kulit Anda. Nah, supaya kulit Anda tetap terjaga kelembutannya, pastikan untuk menghindari mandi air panas, mandi terlalu lama, dan menggunakan produk pembersih yang kuat guna mencegah hilangnya minyak alami yang dibutuhkan kulit.

Pada saat bercukur, lumasilah kulit Anda terlebih dahulu dengan krim cukur, lotion, atau gel. Untuk pencukuran yang maksimal, pilihlah pisau cukur yang bersih dan tajam. Pastikan Anda mencukur ke arah tumbuhnya rambut alih-alih sebaliknya.

Oh iya, jangan lupa untuk mengeringkan kulit Anda sehabis mandi atau mencuci muka dengan handuk pribadi yang bersih ya. Bukan digosok-gosok, keringkanlah kulit Anda dengan menepuk-nepukkan handuk secara lembut.

Baca Juga: Upah minimum hanya untuk pekerja di bawah 1 tahun, ini alasan Kemnaker

4. Makan makanan sehat

Menu makan sehat dapat menunjang performa kulit yang terbaik. Oleh sebab itu, rajinlah makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Sebagai penyeimbang, selalu ingat juga untuk minum banyak air setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Anda bisa mengonsumsi makanan kaya minyak ikan termasuk suplemen minyak ikan dan makanan rendah lemak untuk membuat kulit tampak lebih muda.

5. Kelola stres

Stres yang tidak terkontrol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan memicu munculnya jerawat serta permasalahan kulit lainnya. Untuk mendorong kulit yang sehat, ambilah langkah yang tepat untuk mengelola stres.

Tidurlah dengan cukup, tetapkan batasan yang wajar, kurangi daftar tugas, dan luangkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang disukai. Jika dilakukan secara konsisten, kemungkinan besar Anda akan memetik hasil yang jauh lebih manis dari yang Anda harapkan.

Selanjutnya: 6 Perilaku yang Bisa Menghancurkan Pernikahan Anda, Jangan Dilakukan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×