Polres Pamekasan sudah periksa kapolsek yang diduga arahkan dukungan capres

Jumat, 05 April 2019 | 15:38 WIB Sumber: Kompas.com
Polres Pamekasan sudah periksa kapolsek yang diduga arahkan dukungan capres


PEMILU 2019 - PAMEKASAN. Kepala Polsek Kota Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Ajun Komisaris Polisi Puryanto sudah diperiksa pengamanan internal (Paminal) Polres Pamekasan terkait dengan beredarnya potongan video ceramah Puryanto.

Dalam ceramah itu, ia diduga memberikan arahan kepada warga untuk memilih salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden. Potongan video tersebut direkam oleh seseorang saat melakukan sosialisasi di salah satu kantor desa, di Kecamatan Kota Pamekasan beberapa waktu lalu.

Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya, Jumat (5/4) menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan Paminal, ditemukan keterangan bahwa video yang beredar itu tidak utuh.

Potongan video itu kemudian disebarkan dan menimbulkan asumsi yang tidak utuh pula. Padahal, dalam kegiatan tersebut, Kapolsek sedang sosialisasi bahaya khilafah dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Semangatnya Kapolsek mensosialisasikan bahaya khilafah dan HTI. Namun karena situasinya tidak tepat dan bersamaan dengan momentum politik, kemudian muncul asumsi lain. Video tidak utuh dan terjadi penggalan," ujar Teguh Wibowo.

Teguh menambahkan, seiring dengan menyebarnya video tersebut, Kapolsek Kota Pamekasan langsung diperiksa. Dalam video dan isi sosialisasi, tidak ada sebutan untuk mengarahkan dukungan kepada salah satu paslon.

"Kepada masyarakat, kami mengajak agar jangan mudah terprovokasi dengan informasi yang tidak utuh. Saya mengajak dalam berbagai kesempatan, untuk menciptakan suasana kondusif, aman dan damai, serta tertib menjelang Pemilu," ungkap Teguh. (Taufiqurrahman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diduga Arahkan Dukungan Capres, Kapolsek di Pamekasan Sudah Diperiksa", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru