Pisang terbukti membantu mengecilkan perut buncit, berikut penjelasan ilmiahnya

Jumat, 26 November 2021 | 10:35 WIB Sumber: Kompas.com
Pisang terbukti membantu mengecilkan perut buncit, berikut penjelasan ilmiahnya

ILUSTRASI. Pisang terbukti membantu mengecilkan perut buncit, berikut penjelasan ilmiahnya

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kombinasi diet dan olahraga adalah cara terbaik untuk mengurangi lemak perut. Saat berdiet, makan pisang juga bisa membantu mengecilkan perut buncit.

Ya, rajin makan pisang bisa membantu mengecilkan perut buncit. Buah yang murah, mudah didapat di segala musim dan kaya akan potasium ini ternyata bisa bermanfaat untuk meluruhkan lemak, mengecilkan perut buncit dan menurunkan berat badan.

Mengutip dari Everyday Health, pisang merupakan makanan super yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi pada pisang dapat digunakan untuk menyuplai kalori ke tubuh sehingga tidak perlu makan terlalu banyak, menstabilkan glukosa darah, dan mengurangi potensi stroke pada wanita.

Selain itu, makanan super ini juga efektif digunakan untuk menurunkan berat badan dan meluruhkan lemak pada perut buncit Anda.

mengecilkan perut

Kurangi lemak perut dengan pisang

Melansir dari Eatthis, berikut cara pisang mengecilkan perut buncit menurut ahli gizi dan ahli gizi.

1. Pisang meningkatkan flora usus kita

Pisang terbukti mampu mengecilkan perut buncit karena dapat meningkatkan flora di usus. Flora usus atau mikrobiota usus adalah mikroorganisme termasuk bakteri yang hidup di saluran pencernaan kita yang dapat melancarkan proses pencernaan. Pisang dapat meningkatkan bakteri baik di usus sehingga dapat melancarkan proses pencernaan dan mengurangi timbunan lemak di perut buncit.

Saat ingin menjalankan program diet dan mengecilkan perut buncit, yang harus diperhatikan adalah keseimbangan flora usus ini. Dan pisang, adalah buah yang dapat digunakan untuk meningkatkan bakteri baik di usus dan mempersiapkan tubuh untuk menurunkan berat badan beberapa kilogram.

Menurut Kate Netz, RDN, LD, pisang kaya akan serat probiotik yang dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, bakteri baik yang dapat membantu meluruhkan lemak perut.

Baca Juga: Efektif menurunkan berat badan, ini 6 manfaat jagung rebus untuk kesehatan

2. Cegah keinginan makan karena stres

Pisang dapat membantu mengecilkan perut buncit karena dapat mencegah keinginan makan terus menerus akibat stres.

Saat kita stres karena bekerja terlalu keras atau memikirkan banyak masalah, hormon kortisol akan keluar. Saat hormon ini dilepaskan, tubuh akan cenderung menuntut makanan dengan kadar gula tinggi.

Inilah sebabnya, saat stres, tubuh justru akan semakin gemuk karena kita akan selalu berburu camilan manis yang kaya akan glukosa. Nah dengan makan pisang, hal ini bisa diatasi.

Magnesium dalam pisang dapat mengontrol hormon stres yang keluar sekaligus membuat perut kenyang lebih lama. Alhasil, tubuh tidak akan terlalu banyak berburu jajanan manis.

3. Pemasok serat terbaik

Pisang membantu mengurangi lemak perut karena mengandung banyak serat. Serat adalah properti penting dalam upaya penurunan berat badan.

Dan pisang merupakan buah berserat tinggi yang dapat menunjang program diet Anda. Serat dalam pisang membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga kita tidak akan makan banyak dan bisa berakibat berkurangnya lemak pada perut yang buncit.

Dengan mengonsumsi pisang secara rutin setiap hari, perut Anda akan terisi serat yang cukup sehingga Anda tidak mudah merasa lapar. Di dalam lambung, serat merupakan komposisi makanan yang paling lama dicerna oleh usus. Jadi saat perut terisi pisang, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

4. Meningkatkan sensitivitas insulin

Meskipun pisang mengandung glukosa, buah ini sebenarnya dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang tidak menderita diabetes. Ketika sensitivitas insulin meningkat, tubuh akan merombak glukosa lebih optimal sehingga tidak ada lagi akumulasi kalori berlebihan yang dapat meningkatkan keparahan perut buncit.

5. Pemasok kalium yang dapat meluncurkan olahraga

Untuk mengurangi perut buncit Anda, Anda perlu berolahraga secara teratur. Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak maksimal dalam berolahraga karena kram otot.

Kram otot terjadi karena elektrolit dalam tubuh tidak seimbang. Nah pisang, bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Kandungan potasium yang tinggi pada pisang dapat menyeimbangkan elektrolit tubuh sehingga tidak akan terjadi kram otot saat berolahraga.

Untuk mengecilkan perut buncit dan menurunkan berat badan, makanlah pisang secara rutin setiap hari, terutama saat akan berolahraga.

Untuk memaksimalkan perut buncit Anda, makanlah pisang yang belum matang. Pisang yang tidak terlalu matang mengandung lebih banyak pati dan lebih sedikit glukosa daripada pisang yang matang sepenuhnya.

Selain meminimalkan penyerapan gula, pati dalam pisang mentah akan bekerja seperti serat. Membuat perut kenyang lebih lama sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melangsingkan Perut Buncit dengan Pisang, Begini Caranya",


Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

 

 

Selanjutnya: Vaksinasi anak dan kesiapan sekolah terapkan prokes menjadi syarat PTM

Editor: Adi Wikanto
Terbaru