Pilihan Vitamin A yang Ada di Sekitar Kita, Tak Harus Membeli Suplemen

Minggu, 11 Juli 2021 | 11:45 WIB   Reporter: Asnil Bambani Amri
Pilihan Vitamin A yang Ada di Sekitar Kita, Tak Harus Membeli Suplemen

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Moms, ada banyak sumber vitamin yang bisa kita dapatkan di sekitar kita, khususnya vitamin A. Tak perlu harus membeli suplemen untuk mendapatkan sumber vitamin A, salah satunya adalah wortel yang bisa di beli di pasar atau gerobak sayur. Namun, taka hanya wortel yang jadi sumber vitamin A loh! 

Sumber vitamin A lainnya adalah buah, sayur bahkan daging. Vitamin A adalah vitamin yang pertama kali teridentifikasi, sehingga penamaannya diberi nama dari huruf pertama alfabet. Vitamin ini termasuk vitamin yang bisa larut dalam lemak yang memiliki peran penting dalam menjaga penglihatan, pertumbuhan dan fungsi kekebalan tubuh, serta kesehatan reproduksi.
 
Maka itu, anda yang ingin meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus, vitamin A adalah salah satu dari jawabannya. Vitamin A dalam tubuh terbagi dalam dua bentuk, pertama retinol (vitamin A1) yang ditemukan pada makanan hewani, dan karotenoid (beta karoten) yang ditemukan pada makanan nabati.
Untuk retinol banyak ditemukan pada hati sapi. Untuk setiap 1 porsi hati sapi dengan ukuran 70 gram, setidaknya mengandung sekitar 6000 mcg retinol, yang setara dengan 7 kali kebutuhan vitamin A kita sehari.
 
Berikut beberapa makanan hewani lainnya yang mengandung vitamin A versi Alodokter:
Ikan makarel atau salmon
Minyak hati ikan kod
Telur ikan atau caviar
Hati ayam
Keju
Telur rebus
 

Baca Juga: Jangan Ngotot Ngantor, Simak Dulu Sektor Esensial PPKM Darurat

Bentuk vitamin A lainnya bernama beta karoten, ini merupakan zat pada tanaman yang dengan cepat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Makanan banyak mengandung beta karoten meliputi:
Ubi jalar
Labu
Buah kesemek
Sawi
Wortel
Paprika merah
Bayam
 

Mengenal Manfaat Vitamin A

Maka itu mms, ada banyak sumber vitamin A di sekitar kita. Sehingga tidak harus membeli suplemen di apotek ya. Vitamin A memberikan manfaat yang diperlukan untuk pengembangan dan fungsi mata, kulit, serta sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin A juga bermanfaat mencegah dan mengobati kanker, melindungi jantung dan sistem kardiovaskular dan memperlambat proses penuaan.

Bagi wanita, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A sangat baik dalam mencegah kanker payudara dan membantu pemulihan infeksi vagina. Sedangkan bagi pria, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A juga dapat berperan dalam meningkatkan jumlah sperma mereka.

Jumlah kebutuhan vitamin A yang ideal bagi orang dewasa yaitu 0,7 mg sehari untuk pria dan 0,6 mg sehari untuk wanita.

Nah, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan mengalami masalah penglihatan dan lemahnya sistem imun tubuh. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mencukupi kebutuhan vitamin A setiap harinya.

Perlu diketahui juga ya, kelebihan vitamin A juga bisa menimbulkan risiko gangguan kesehatan, seperti tulang yang lebih rapuh pada orang lanjut usia, dan risiko gangguan kesehatan bagi janin pada ibu hamil.

 

Editor: Asnil Amri
Terbaru