Pilihan Olahraga Menurunkan Berat Badan, Lemak Visceral di Perut Juga Bisa Hilang

Kamis, 07 Juli 2022 | 11:58 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Pilihan Olahraga Menurunkan Berat Badan, Lemak Visceral di Perut Juga Bisa Hilang

ILUSTRASI. Pilihan Olahraga Menurunkan Berat Badan, Lemak Visceral di Perut Juga Bisa Hilang


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang dipilih banyak orang. Lalu, olahraga seperti apa yang bisa menurunkan berat badan secara cepat?

Ada banyak jenis olahraga yang berkhasiat menurunkan berat badan. Agar efektif menurunkan berat badan, Anda harus memilih jenis olahraga yang disukai.

Olahraga yang disukai berpotensi dilakukan secara rutin. Kunci utama menurunkan berat badan dengan olahraga adalah dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu lama.

Jadi, Anda jangan berharap olahraga 1-2 kali dalam seminggu bisa menurunkan berat badan. Olahraga bisa menurunkan berat badan jika dilakukan rutin dalam beberapa bulan.

Selain itu, merujuk pemberitaan Kontan sebelumnya, lamanĀ Self merekomendasikan beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan agar bisa menurunkan berat badan dengan baik.

Pertama, atur makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak serat dan protein.

Selain itu, hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak kalori dan lemak tak sehat.

Kedua, pilihlah jenis olahraga yang membuat Anda nyaman. Supaya lebih semangat, Anda juga bisa melakukan olahraga dengan teman atau orang terdekat.

Selain menurunkan berat badan, olahraga juga efektif menghilangkan lemak visceral yang menyebabkan perut buncit. Dikutip dari Kompas.com, olahraga selama 30 menit hingga satu jam dalam sehari untuk membakar lemak di perut.

Kaitan antara olahraga dengan lemak visceral bukanlah klaim sembarangan di dunia kesehatan. Pasalnya peneliti asal Korea Selatan pernah menelisik hubungan keduanya dalam studi yang dipublikasikan di ResearchGate pada tahun 2016.

Studi dari The Korean Journal of Sports Medicine itu menyebut berat badan bisa turun 3,3 kilogram dan lemak hilang sebanyak 2,4 kilogram. Hasil itu didapat usai mereka meneliti orang dengan kelebihan berat badan yang naik-turun tangga dua kali sehari selama lima menit tanpa henti.

Baca Juga: Bisa Berbentuk Tahi Lalat, Ini Ciri-Ciri Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih untuk menurunkan berat badan:

Lari

Jenis olahraga pertama menurunkan berat badan banyak direkomendasikan para ahli adalah running atau lari.

Supaya lemak di bagian paha dan bokong terbakar lebih banyak, carilah jalur lari yang menanjak. Jangan lupa untuk melakukan sprint agar kalori terbakar maksimal.

Yoga

Jenis olahraga kedua untuk menurunkan berat badan adalah yoga. Jenis olahraga ini membutuhkan stabilitas dan keseimbangan sehingga dapat meningkatkan fungsi tubuh.

Tidak hanya itu, yoga juga baik untuk kesehatan mental sehingga cocok dilakukan dalam jangka waktu lama.

Berenang

Jenis olahraga ketiga untuk menurunkan berat badan adalah berenang. Berenang dapat menggerakkan seluruh otot sehingga energi dan kalori lebih banyak terbakar. Dengan berenang secara rutin, bukan tidak mungkin berat badan ideal Anda dapat dalam waktu singkat.

Jika Anda tetap kesulitan untuk memilih jenis olahraga mana yang sebaiknya Anda lakukan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Selain mendapat saran olahraga apa yang tepat, Anda juga bisa mendapat tips diet lain yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Bersepeda

Jenis olahraga keempat untuk menurunkan berat badan adalah bersepeda. Apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk bersepeda di luar ruangan, tak ada salahnya untuk mencoba sepeda statis.

Lompat Tali

Olahraga kelima untuk menurunkan berat badan adalah lompat tali. Menurut Self, berat badan bisa turun dengan rutin melakukan lompat tali. Selain murah, lompat tali juga bisa Anda lakukan di mana saja sehingga Anda tak punya alasan untuk tidak melakukannya.

Salah satu hal penting yang perlu Anda ingat adalah gunakan sepatu saat melakukan lompat tali supaya Anda tak cedera.

Itulah daftar olahraga untuk menurunkan berat badan. Selain melakukan olahraga, jaga pola makan Anda agar bisa efektif menurunkan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru