Pilihan olahraga di rumah untuk meningkatkan daya tahan tubuh mencegah Covid-19

Rabu, 15 September 2021 | 16:09 WIB Sumber: Sonora.id
Pilihan olahraga di rumah untuk meningkatkan daya tahan tubuh mencegah Covid-19

ILUSTRASI. Pilihan olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh mencegah Covid-19

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah penularan Covid-19. Meski pandemi Covid-19 mulai terkendali, kita harus tetap rutin melakukan olahraga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Memasuki September 2021, kasus Covid-19 mulai turun. Hingga 14 September 2021, jumlah kasus Covid-19 yang masih aktif mencapai 92.328, turun 7.368 dibandingkan sehari sebelumnya. Namun, kita tetap harus rutin olahraga demi kebugaran dan kesehatan. 

Meski demikian, banyak orang malas dan tidak terbiasa melakukan olahraga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19. Nah, jika kamu tergolong kelompok tersebut, berikut beberapa jenis olahraga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19.

Olahraga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh mencegah Covid-19 ini bisa dilakukan di rumah. Bahkan, jika Anda malas keluar kamar, juga bisa melakukan olahraga di rumah untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 ini..

Yang penting, olahraga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 ini harus dilakukan secara rutin. Guna menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19, lakukan olahraga ini minimal 30 menit setiap hari.

Berikut ini beberapa pilihan olahraga di rumah untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19.

Olahraga Senam

Jenis olahraga di rumah pertama untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 adalah senam. Olahraga yang satu ini juga sangat santai ketika dilakukan di dalam rumah. Anda bisa melakukan senam seperti Zumba, yoga, maupun dance modern.

Anda juga bisa mencari banyak referensi video senam di YouTube. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebaiknya untuk melakukannya secara rutin di pagi hari sesuai dengan durasi yang Anda inginkan.

Baca juga: Jika rutin dilakukan, olahraga ini bisa menaikkan tinggi badan

Olahraga Jalan cepat

Jenis olahraga di rumah kedua untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 adalah jalan cepat. Olahraga sederhana ini sangat efektif menjaga kebugaran karena termasuk jenis olahraga aerobik.

Anda dapat melakukan olahraga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 ini di dalam rumah dan berkeliling selama 10-15 menit.

Olahraga Lompat tali

Jenis olahraga di rumah ketiga untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 adalah lompat tali. Olahraga yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh ini mudah dilakukan.

Selain itu, olahraga yang satu ini juga sangat baik untuk jantung dan paru-paru. Lompat tali juga membuat aliran darah menjadi lebih baik.

Olahraga Naik turun tangga

Jenis olahraga di rumah keempat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 adalah naik turun tangga. Olahraga yang satu ini juga termasuk dalam jenis olahraga aerobik.

Cukup 10-15 menit tiap harinya, Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan naik turun tangga.

Olahraga Latihan otot

Jenis olahraga di rumah  kelima untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 adalah  latihan otot. Latihan otot sangat bisa Anda lakukan di rumah untuk menambah daya tahan tubuh Anda.

Anda bisa memilih opsi yang paling pas sesuai kondisi tubuh. Misalkan untuk memandu squat, lunges, atau push-up. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan latihan fisik dengan intensitas sedang. Hindari latihan fisik dengan intensitas berat karena justru bisa melemahkan daya tahan tubuh.

Itulah pilihan olahraga di rumah untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19. Selain olahraga, tentu kita harus menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Dita Tamara)

Artikel ini telah tayang di Sonora.id berjudul "5 Olahraga untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Mudah Dilakukan di Rumah"

 

Selanjutnya: Tak hanya menyehatkan, olahraga ini efektif menurunkan berat badan

 

 

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru