Persiapan Mudik Gratis 2022, Ini Cara Mencegah dan Obat Mabuk Perjalanan untuk Anak

Senin, 18 April 2022 | 08:20 WIB Sumber: Kompas.com
Persiapan Mudik Gratis 2022, Ini Cara Mencegah dan Obat Mabuk Perjalanan untuk Anak

ILUSTRASI. Persiapan Mudik Gratis 2022, Ini Cara Mencegah dan Obat Mabuk Perjalanan untuk Anak


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mudik bersama secara gratis untuk Lebaran akan kembali digelar pada tahun 2022 ini. Sebagian besar mudik gratis Lebaran 2022 menggunakan bus. Simak cara mencegah mabuk perjalanan agar mudik gratis Lebaran 2022 berlangsung menyenangkan.

Mudik gratis Lebaran 2022 antara lain diselenggarakan Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Jasa Raharja, PT Kalbe Farma, Pemkot Tangerang dll. Pendaftaran mudi gratis Lebaran 2022 masih dibuka hingga hari ini, Senin 18 April 2022 secara online.

Mabuk perjalanan sering kali dialami oleh anak-anak, sehingga orang tua perlu mencegahnya selama melakukan mudik Lebaran. Mengutip WebMD, mabuk perjalanan (motion sickness adalah perasaan mual yang biasa dirasakan saat perjalanan pesawat, kapal, dan bus atau mobil.

Anak-anak antara usia 2-12 tahun lebih rentan mengalami mabuk perjalanan. Sering kali itu datang secara tak terduga dan selalu pada waktu yang tidak tepat.

Gejala mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan:

  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Kulit pucat dan lembap
  • Keringat dingin
  • Mual
  • Muntah

Baca Juga: Bisa Daftar Via Whatsapp, Ini Syarat & Rute Mudik Gratis Lebaran 2022 Pemprov Jakarta

Namun pada anak usia 2 tahun, mereka tidak dapat mengungkapkan apa yang mereka rasakan saat mabuk perjalanan. Sehingga, mereka hanya nampak lebih rewel dalam perjalanan.

Jika saat kecil seseorang mengalami mabuk perjalanan, bisa jadi mereka akan mengalami sakit kepala secara berkala di usia selanjutnya. Mengutip IDAI, berikut beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan pada anak:

1. Posisi duduk

Cara pertama mencegah mabuk perjalanan pada anak adalah dengan menyiapkan posisi duduk. Posisi duduk yang paling aman dari serangan mabuk perjalanan bagi anak dalam mobil adalah di barisan depan atau tengah. Bila dalam perjalanan udara, posisi yang paling aman adalah di posisi tengah (sayap) pesawat. Pada posisi ini biasanya guncangan tidak terlalu hebat dibanding tempat duduk lainnya.

2. Arahkan penglihatan anak

Cara kedua mencegah mabuk perjalanan pada anak adalah mengarahkan penglihatan anak. Dalam perjalanan darat, upayakan anak lebih banyak melihat jauh ke depan dan tidak melihat benda-benda yang bergerak secara cepat di dekatnya. Misalnya, kendaraan dan pohon yang melaju berlawanan arah. Refleks mata yang mengikuti benda bergerak cepat terlalu lama dapat membangkitkan rasa mual.

3. Hindarkan perut terlalu penuh

Cara ketiga mencegah mabuk perjalanan pada anak adalah jangan biarkan perut terlalu penuh. Hindarkan anak dalam kondisi pencernaan yang terlalu penuh dengan makanan berat atau minuman bersoda. Berikan makanan ringan dan tidak banyak lemak sebelum dan selama perjalanan bila memang anak lapar. Hindari pula kondisi kekurangan cairan, karena ini juga akan membuat mual dan mudah pening.

4. Hindarkan aktivitas membaca atau melihat layar gadget

Cara keempat mencegah mabuk perjalanan pada anak adalah tidak membiarkan anak melihat layar hp. Hindarkan anak membaca buku atau bermain gadget selama dalam perjalanan di mobil. Upaya mata memfiksasi pandangan pada objek yang dekat dan cenderung bergerak karena guncangan, akan membuat mata lelah. Lalu, dapat memunculkan rasa mual dan pening.

5. Pastikan mendapat udara segar

Cara kelima mencegah mabuk perjalanan pada anak adalah memastikan anak mendapat udara segar. Pastikan udara dalam kendaraan cukup segar dan memiliki sirkulasi yang baik.

Orang tua perlu menghindari membawa sesuatu yang beraroma terlalu keras dan menyengat. Bila memang anak sudah tampak mulai merasakan gejala mabuk perjalanan, minyak aroma terapi dapat membantu mengalihkan rasa mualnya.

6. Kecepatan kendaraan

Cara keenam mencegah mabuk perjalanan pada anak adalah menjaga kecepatan kendaraan. Dalam perjalanan darat dengan kendaraan pribadi, upayakan kendaraan melaju dalam kecepatan yang stabil dan tidak berguncang terlalu banyak. Bila anak tampak mulai jenuh atau mual, menepi dan beristirahatlah sejenak sekitar 10-15 menit di area istirahat yang ada.

7. Konsultasi pada dokter

Cara ketujuh mencegah mabuk perjalanan pada anak adalah konsultasi dengan dokter. Orang tua perlu berkonsultasi pada dokter anak tentang obat mabuk perjalanan yang diperlukan untuk menghindari efek samping bila salah penggunaan.

Konsultasi pada dokter diperlukan terutama pada anak yang selalu mabuk dalam perjalanan. Meski obat pencegah mabuk perjalanan dapat dibeli bebas di pasaran.

Mengutip WebMD, jika gejala mabuk perjalanan anak Anda parah, beberapa resep obat yang mungkin diberikan oleh dokter untuk mengatasi mabuk perjalanan meliputi:

  • Ondansetron
  • Skopolamin metoklopramid

Obat-obatan ini hanya tersedia dengan resep dokter dan bisa tidak sesuai untuk anak yang lebih kecil. Jika gejala mabuk perjalanan anak berlangsung lebih lama dari beberapa jam setelah tiba di tempat tujuan, disarankan hubungi dokter.

Itulah cara mencegah mabuk perjalanan dan obat untuk mengatasinya. Semoga perjalanan mudik Lebaran 2022 Anda berlangsung lancar, selamat sampai tujuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cegah Anak Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran",


Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru