kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,73   -32,02   -4.39%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Perluas edukasi soal Covid-19, IDI dan Good Doctor sebarkan info via konsultasi darin


Kamis, 13 Februari 2020 / 20:59 WIB
Perluas edukasi soal Covid-19, IDI dan Good Doctor sebarkan info via konsultasi darin
ILUSTRASI. IDI, Good Doctor dan Grab Indonesia luncurkan kampanye edukasi soal Covid-19 di Jakarta (13/2).

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) telah menyerukan upaya kesiapsiagaan dalam membantu pemerintah menghadapi potensi penyebaran COVID-19 atau virus corona.

Maka IDI bersama platform online tekmed terpadu Good Doctor, resmi mengumumkan inisiatif proaktif yang akan diterapkan dengan memanfaatkan platform online Good Doctor yang dapat diakses melalui layanan GrabHealth yang menjangkau masyarakat Indonesia.

"Tingkat kematian akibat Covid-19 ini 2% sekian, lebih rendah dibanding flu burung, SARS dan Mers. Dan korbannya itu karena ada penyakit penyerta. Tapi kabar tak menggembirakannya adalah virus ini penyebarannya cepat," tutur Daeng M Faqih Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) saat Presscon Sosialisasi Sinergi Inisiatif Good Doctor dan PB IDI di Menteng, Jakarta, Kamis (13/2).

Baca Juga: Sektor pariwisata kena dampak virus corona, Indonesia bidik pasar di luar China

Terdapat dua inisiatif yang akan dijalankan, yang pertama adalah penyusunan dan penerapan panduan atau protokol konsultasi daring terkait COVID-19 oleh tim medis Good Doctor yang ditinjau oleh PB IDI.

Inisiatif kedua adalah komitmen penyebaran informasi akurat terkait COVID-19 oleh mitra dokter Good Doctor kepada masyarakat. Penyebaran dan kemudahan akses informasi terhadap langkah-langkah yang tepat untuk menghadapi potensi wabah COVID-19 dari para para tenaga medis profesional langsung ditujukan guna meredam keresahan masyarakat.

PB IDI sepenuhnya akan mendukung Good Doctor yang proaktif merumuskan dan menetapkan tujuan konsultasi daring terkait Covid-19 sekaligus memastikan semua materi yang disampaikan adalah informasi yang akurat, konsisten dan terstruktur.

Baca Juga: Demi wujudkan visi Brexit, Boris Johnson merombak kabinet

Head of Medical Management of Good Doctor Adhiatma Gunawan mengungkap, Good Doctor sebagai platform online kesehatan yang bermitra dengan Grab memastikan pengguna dapat berkonsultasi mengenai COVID-19.

"Satu klik di GrabHealth bisa masuk tanya soal corona. Kami susun dan rumuskan dengan mengadaptasi berbagai sumber seperti WHO dan Kemenkes. Agar Mitra dokter kami dilengkapi dengan suatu standar tata laksana dalam menangani tanya jawab dari pengguna," terang Adhi.

Adhi juga menyampaikan bahwa Good Doctor sudah tersedia sebagai fitur GrabHealth di aplikasi Grab, yang bisa diunduh secara gratis untuk smartphone Android dan iOS. Konsultasi kesehatan di Good Doctor tidak dikenakan biaya.




TERBARU

Close [X]
×