kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perlu disimak, 7 cara memilih skincare remaja yang aman


Minggu, 08 Agustus 2021 / 09:00 WIB
Perlu disimak, 7 cara memilih skincare remaja yang aman


Reporter: Rizka Noveliana | Editor: Rizka Noveliana

KONTAN.CO.ID - Moms memiliki anak perempuan yang telah remaja perlu mendapatkan perhatian lebih, khususnya penggunaan produk skincare. Biasanya, mereka akan lebih cenderung mengikuti saran produk skincare dari teman atau idolanya.

Memilih produk skincare tidak boleh sembarangan karena dapat menyebakan kulit wajah menjadi rusak dan parah. Oleh karena itu, moms perlu memperhatikan produk apa yang cocok dan aman bagi anak perempuan anda. Berikut tujuh cara memilih skincare remaja yang aman, yaitu:

1. Pahami jenis kulit 

Setiap orang memilik jenis kulit yang berbeda-beda seperti kulit kering, berminyak, normal, kombinasi dan sensitif. Cara pertama, anda harus memahami jenis kulit yang anak perempuan anda miliki. Selanjutnya, anda bisa menentukan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit. Ada beberapa bahan komposisi skincare yang cocok untuk jenis kulit melansir dari Realsimple:

  • Kulit berminyak. Pilihlah skincare dengan komposisi asam alfa hidroksi, benzoil peroksida dan asam hialuronat yang mampu mengurangi sebum pada permukaan kulit wajah. 
  • Kulit kering. Pilihlah skincare dengan komposisi shea butter dan asam laktat untuk menghidrasi kulit wajah dan membuat kulit lebih bercahaya.
  • Kulit sensitif. Pilihlah skincare dengan komposisi shea butter, oatmeal dan aloe vera yang berfungsi melembabkan kulit waja. 

2. Mengetahui alergi kulit

Anda juga harus mengetahui alergi kulit yang dialami anak. Hal tersebut agar anda dapat menghindari masalah baru seperti munculnya brutusan, kulit kemerahan, gatal dan jerawat. Anda bisa coba oleskan produk tersebut pada punggung lengan, bahu, atau belakang telinga, lalu membiarkannya selama beberapa saat. Sebab bagian kulit tersebut lebih sensitif daripada area lainnya, sehingga bisa memberi respons yang cukup cepat.

Baca Juga: 6 Seri HP 5G termurah di Indonesia, harganya dibanderol mulai dari Rp 2,6 jutaan

3. Ketahui masalah kulit 

Selanjutnya, anda harus tahu masalah kulit yang dialami anak, misalnya anak memiliki kulit berjerawat dan berkomedo, maka anda bisa memilih produk yang dapat mengatasi masalah tersebut. 

4. Perhatikan kandungan skincare

Memperhatikan kandungan skincare cukup sulit karena banyak istilah ilmiah yang susah untuk dipahami. Melansir dari id.theasianparent.com, Cara mudah menentukan komposisi produk skincare dengan memperhatikan lima bahan pertama yang tertulis di komposisi. Sebab, biasanya bahan tersebut menyumbang 80% pembuatan skincare tersebut. 

5. Skincare memiliki izin BPOM

Pastikan anda memilih produk skincare yang telah memiliki izin resmi dari BPOM. Sebab, produk tersebut pasti telah teruji dan aman digunakan. 

6. Gunakan basic skincare

Melansir dari milleurbeauty.com, bagi remaja gunakan basic skincare saja terlebih dahulu. Jangan terlalu pusing dengan rangkaian skincare yang banyak, cukup lakukan dengan rutin. Ada empat rekomendasi urutan skincare remaja yaitu Cleansing (face wash), Toning, Moisturizing (pelembab) dan Protecting (sunscreen).

7. Berkonsultasi dengan dokter ahli

Agar semakin aman, anda bisa berkonsultasi dengan dokter khusus kulit wajah untuk bisa menentukan produk skincare cocok atau tidak untuk remaja. Biasanya, dokter akan mencari tahu jenis kulit wajah lalu mendeteksi masalah pada kulit wajah. 

Moms, seperti itu cara memilih skincare remaja yang aman. Anda bisa membelikan atau menyarankan kepada anak perempuan anda mengenai produk skincare yang akan dibeli. Stay helath anda beauty, moms.

Selanjutnya: Ketahui Urutan Skincare Remaja Yang Benar Dan Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×