Perlu Anda waspadai, ini 4 penyebab bisul yang bisa terjadi

Rabu, 21 Juli 2021 | 12:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu Anda waspadai, ini 4 penyebab bisul yang bisa terjadi

ILUSTRASI. Beberapa jenis obat bisa jadi penyebab bisul.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisul adalah salah satu jenis penyakit kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Tentu saja masalah tersebut bisa membuat Anda tidak nyaman. Maka dari itu, mengetahui penyebab bisul perlu Anda lakukan supaya Anda bisa menghindarinya.

Biasanya, bisul ditandai dengan benjolan berisi nanah yang muncul di kulit. Mengutip dari Doctor NDTV (doctor.ndtv.com), masalah itu terjadi akibat infeksi bakteri di salah satu atau beberapa folikel rambut.

Nah, infeksi bakteri di kulit bisa dipicu oleh beberapa faktor di bawah ini. Jika bisul muncul di kulit Anda, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Jenis Pakaian

Tahukah Anda bahwa menggunakan pakaian yang terlalu ketat bisa jadi salah satu faktor pemicu kemunculan bisul? Saat mengenakan pakaian yang terlalu ketat, kulit berisiko mengalami iritasi hingga terluka. Nah, saat terdapat luka di kulit, bakteri menjadi lebih mudah untuk menginfeksi.

Baca Juga: Mudah dicoba, inilah 4 rekomendasi obat bisul alami

Jenis Obat Tertentu

Penyebab bisul berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah jenis obat tertentu. Salah satunya adalah obat imunosuppresan atau jenis obat yang digunakan untuk menekan sistem imun tubuh, seperti kortikosteroid.

Saat digunakan dalam jangka waktu lama, jenis obat itu mampu menurunkan sistem imun secara berlebihan. Dengan begitu, kondisi tubuh Anda menjadi terganggu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan untuk selalu berdiskusi dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi obat apa pun.

Diabetes

Diabetes bisa jadi salah satu penyebab bisul.

Diabetes bisa jadi salah satu penyebab bisul, lo. Jenis penyakit tersebut membuat tubuh kesulitan untuk melawan infeksi berbagai jenis penyakit. Jika Anda sering mengalami bisul, cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika usia Anda sudah di atas 40 tahun.

Baca Juga: Komplikasi dan penyebab bisul ini perlu Anda hindari

Masalah Kulit yang Lain

Doctor NDTV mengatakan bahwa masalah kulit yang lain juga bisa jadi penyebab bisul. Contohnya, jerawat, dermatitis, dan lain sebagainya. Saat mengalami masalah kulit tersebut, skin barrier kulit menjadi terganggu.

Akibatnya, bakteri semakin mudah menginfeksi kulit dan memicu kemunculan bisul. Supaya hal itu tak Anda alami, sebaiknya atasi masalah kulit dengan cara yang benar. Tentu saja memeriksakan diri ke dokter bisa jadi salah satu pilihan.

Selanjutnya: 4 Obat cantengan ini berasal dari bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru