Perlu Anda perhatikan, inilah 5 penyebab ketiak hitam

Kamis, 02 September 2021 | 10:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu Anda perhatikan, inilah 5 penyebab ketiak hitam

ILUSTRASI. Meski tak banyak yang berbahaya, penyebab ketiak hitam tetap perlu Anda waspadai.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebanyakan penyebab ketiak hitam memang tidak berbahaya. Namun, jika tekstur kulit ikut berubah, Anda perlu segera mengonsultasikannya ke dokter. Bisa jadi, ketiak hitam yang Anda alami terjadi karena masalah kesehatan yang lebih serius.

Anda tidak perlu khawatir ketika warna ketiak menghitam. Ada banyak pemutih ketiak yang bisa Anda gunakan. Baik dari bahan alami atau produk-produk yang dijual di pasaran. Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah faktor apa yang memicu perubahan warna ketiak.

Biasanya, kulit ketiak menghitam karena penumpukan sel kulit mati. Untuk mengatasinya, cobalah melakukan eksfoliasi secara teratur. Anda bisa mengolah bahan alami untuk dijadikan eksfoliator.

Selain penumpukan sel kulit mati, masih banyak faktor lain yang menyebabkan ketiak hitam. Mulai dari perubahan hormon, kebiasaan mencukur bulu ketiak, efek samping obat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pakai bahan alami, berikut 4 cara menghilangkan bau ketiak

Perubahan Hormon

Mengutip dari Romper (romper.com), ketiak hitam terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. Biasanya, kondisi itu muncul saat Anda hamil atau mengonsumsi pil KB. Jika ketiak hitam cukup mengganggu setelah Anda mengonsumsi pil KB, tak ada salahnya untuk berbicara ke dokter.

Mencukur Bulu Ketiak

Sadarkah Anda bahwa kebiasaan mencukur bulu ketiak bisa jadi penyebab ketiak hitam? Kegiatan itu bisa memicu iritasi sehingga kulit mengalami inflamasi atau peradangan. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan itu bisa membuat kulit ketiak menghitam.

Alih-alih mencukur bulu ketiak, cobalah untuk melakukan cara lain. Anda bisa memanfaatkan perawatan laser untuk menghilangkan bulu ketiak. Tentu saja prosedur itu perlu dilakukan dengan pengawasan dokter untuk menghindari efek samping.

Efek Samping Obat

Efek samping obat termasuk salah satu penyebab ketiak hitam.

Melansir Romper, beberapa jenis obat bisa mengakibatkan kulit ketiak hitam. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah kortikosteroid, insulin, asam nikotinat, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena efek samping untuk masih bisa terkendali. Jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter, ya.

Baca Juga: Cari cara menghilangkan bulu ketiak? Pakai 8 bahan ini

Deodoran

Penyebab ketiak hitam yang cukup sering dialami oleh banyak orang adalah penggunaan deodoran. Beberapa jenis deodoran bisa mengakibatkan iritasi yang mana menghitamkan kulit ketiak. Tak ada salahnya untuk mengganti deodoran yang Anda pakai jika masalah kulit itu Anda alami.

Kanker

Salah satu ciri-ciri kanker yang bisa Anda alami adalah kulit ketiak menghitam. Meski jarang terjadi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kondisi itu, ya. Segera periksakan diri ke dokter supaya kesehatan tubuh tak memburuk. Apalagi jika Anda mengalami gejala kanker lain yang lebih parah.

Selanjutnya: Mencari pemutih untuk badan? Coba 7 bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru