kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Periksa teliti, ini gejala penyakit vertigo yang perlu diketahui


Minggu, 15 Agustus 2021 / 12:00 WIB
Periksa teliti, ini gejala penyakit vertigo yang perlu diketahui


Reporter: Helvana Yulian | Editor: Helvana Yulian

KONTAN.CO.ID - Vertigo adalah sensasi rasa tidak seimbang yang akan membuat Anda merasa seperti sedang berputar atau sekeliling Anda berputar. 

Serangan vertigo dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik atau mungkin berlangsung lebih lama. Hal ini dapat membuat Anda terganggu dan tidak nyaman.

Berdasarkan penyebabnya, vertigo dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni vertigo sentral dan vertigo perifer. Vertigo sentral adalah jenis vertigo yang disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf pusat.

Sementara vertigo perifer adalah jenis vertigo yang disebabkan oleh masalah pada organ keseimbangan yang ada di telinga bagian dalam. Vertigo perifer merupakan jenis vertigo yang paling sering terjadi.

Gejala yang umum terjadi saat seseorang mengalami vertigo adalah pusing berputar yang diikuti dengan telinga berdengung. Hal ini bisa memicu mual dan muntah. Jika kondisi ini dibiarkan berlanjut, pengidap vertigo bisa terjatuh karena kehilangan keseimbangan dan tidak bisa berdiri.

Apabila telah berbaring dan menutup mata, pengidap juga akan tetap merasa tubuhnya berputar dan rasa berdebar hingga dapat memicu pingsan. Serangan awal vertigo biasanya berlangsung selama beberapa jam saja. Namun, jika tidak segera ditangani, vertigo akan selalu kambuh yang dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat herbal vertigo ini bisa jadi pilihan

Berikut beberapa gejala dan keluhan ketika Anda mengalami vertigo.

  1. Rasa pusing yang berputar, atau sekeliling terlihat bergerak. Gejala ini bisa terjadi bahkan saat Anda masih dalam keadaan diam.
  2. Adanya gerakan mata abnormal yang disebut nistagmus.
  3. Mual dan muntah.
  4. Sakit kepala.
  5. Berkeringat.
  6. Suara berdenging di telinga atau gangguan pendengaran.
  7. Anggota tubuh terasa lemah
  8. Penglihatan berbayang
  9. Kesulitan berbicara
  10. Pergerakan mata yang tidak normal
  11. Penurunan kesadaran
  12. Respon melambat
  13. Kesulitan berjalan
  14. Demam

Perlu diketahui, vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari suatu masalah kesehatan pada tubuh. Vertigo bisa muncul sebagai tanda penyakit tertentu. 

Baca Juga: Sudah terbukti, ini 6 manfaat cuka apel untuk kesehatan

Maka dari itu, penanganan vertigo dilakukan tergantung pada penyakit yang menjadi penyebabnya. Beberapa kasus vertigo bisa sembuh tanpa pengobatan, karena otak berhasil beradaptasi dengan perubahan pada telinga bagian dalam. 

Penanganan vertigo juga bisa dilakukan di rumah selama gejala masih belum parah. Pengobatan rumahan dilakukan dengan pijatan ringan di sekitar area kepala, minum teh jahe, konsumsi kacang almond, atau konsumsi campuran cuka apel dengan madu. 

Selanjutnya: Manfaat Buah Anggur yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×