Perhatikan hal ini agar masker bisa efektif cegah penularan Covid 19

Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:32 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Perhatikan hal ini agar masker bisa efektif cegah penularan Covid 19

ILUSTRASI. Perhatikan hal ini agar masker bisa efektif cegah penularan Covid 19. KONTAN/Baihaki/11/8/2021


KONTAN.CO.ID -  Memakai masker menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan masyarakat selama pandemi Covid-19 berlangsung. Sayangnya masyarakat masih banyak menggunakannya dengan tidak benar. 

Memakai masker merupakan salah satu langkah dari protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Meski sudah memakai masker, namun jika pemakaiannya sembarangan tidak akan efektif mencegah penularan virus Corona. 

Menurut dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair), Diansanto Prayoga, meski sudah memasuki tahun kedua pandemi, masih banyak masyarakat yang melakukan kesalahan saat memakai masker. 

Bersumber dari situs Unair, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar masker yang dipakai bisa bekerja efektif mencegah penularan Covid-19. 

Baca Juga: Inilah cara efektif belajar mandiri di rumah untuk pelajar, yuk dicoba

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memakai masker  

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memakai masker, menurut Dian, adalah mengganti masker setiap empat jam sekali. Karenanya, saat Anda keluar rumah selalu bawa masker cadangan di dalam tas. 

“Kelalaian yang sering dilakukan adalah memakai kembali masker yang sebelumnya sudah dipakai dengan alasan eman baru dipakai sekian menit atau satu jam," jelasnya seperti dikutip dari situs Unair. 

Meski masker baru dipakai sebentar, kita tidak tahu apakah ada virus yang menempel di bagian luar masker. Karenanya lebih baik untuk mengganti masker setelah keluar atau berada di keramaian. 

Membeli masker sesuai dengan standar dan surat ijin edar menjadi hal kedua yang penting diperhatikan. 

Banyaknya kompetitor dan daya saing yang tinggi membuat penjual menjajakan masker  dengan harga yang murah namun tidak sesuai dengan standar. 

Karenanya, Dian menyarankan untuk selalu mengecek label atau keterangan ijin edar di setiap kemasan boks masker sebelum membelinya. 

Baca Juga: Pendaftaran beasiswa Tanoto Foundation sudah dibuka, simak persyaratannya

Tetap memakai masker saat berolahraga bersama

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jangan lalai terlebih saat berolahraga bersama. Saat berolahraga bersama, wajib mengenakan masker sesuai dengan aturan yang benar. 

Jika Anda berolahraga sendirian dan di tempat yang aman, Anda bisa menurunkan masker yang dipakai.  

“Yang dikhawatirkan itu ketika bersepeda rame-rame. Titik lengahnya ialah setelah muter-muter sepedaan biasanya kita akan berhenti sejenak ngumpul untuk makan bersama. Nah, ini yang harus hati-hati dan perlu diperhatikan keamanannya,” jelas Dian.

Kemudian tetap memakai masker saat berbicara meskipun Anda sudah percaya kondisi lawan bicara sehat. Hal ini penting dilakukan sebagai langkah untuk mengurangi risiko. 

Yang terakhir dan tidak kalah penting saat memakai masker adalah tidak menggabungkan dua masker medis sekaligus. 

Dian menjelaskan jika masker medis tidak dirancang untuk digunakan secara bersamaan dua lapis. Untuk mencegah penularan Covid-19, gunakan masker medis terlebih dahulu kemudian dilapisi dengan masker kain di luarnya.

Selanjutnya: LPDP kembali buka lowongan kerja terbaru 2021, minimal lulusan D3 bisa mendaftar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru