kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perhatikan gejalanya, begini cara mengobati kucing flu


Sabtu, 25 Juli 2020 / 07:00 WIB
Perhatikan gejalanya, begini cara mengobati kucing flu


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami flu. Hal yang membedakan dari flu kucing dan flu manusia adalah patogennya.

Jadi, kucing tidak bisa mengalami flu manusia, begitu pula sebaliknya. Cara mengobati kucing flu tentu saja dengan mengetahui penyebabnya, bukan?

Flu kucing disebabkan oleh berbagai macam patogen. Patogen tersebut menyerang sistem pernapasan bagian atas kucing.

Mengutip Homeoanimal.com, biasanya flu kucing disebabkan oleh feline herpes virus dan calici virus. Dua jenis virus itu juga dikenal dengan FVR atau Feline Viral Rhinotracheitis.

Setelah mengetahui penyebab flu kucing, cara mengobati kucing flu selanjutnya adalah dengan mengetahui gejala apa yang sering timbul.

Baca Juga: Ingin pelihara anak kucing? Simak dulu tips merawat anak kucing berikut ini

Kucing yang sedang mengalami flu akan menunjukkan gejala berupa ingus yang keluar, mata berair, sistem pernapasan terganggu, bersin, nafsu makan menurun, dan lain sebagainya.

Homeoanimal.com menyebutkan, tidak semua kucing menunjukkan gejala yang sama. Namun, cukup mudah untuk mendiagnosa seekor kucing sedang terkena flu atau tidak.

Hal itu disebabkan karena sifat kucing yang cukup aktif dan suka bermain. Jadi, saat kucing menjadi lesu dan kehilangan nafsu makan, hal itu bisa menjadi hal yang harus diwaspadai.

Anda harus benar-benar memperhatikan gejala penyakit agar cara mengobati kucing flu bisa segera dilakukan.

Baca Juga: Ini umur ideal anak kucing siap disterilisasi

Cara mengobati flu kucing

Pada umunya, kucing yang mengalami flu akan berlangsung selama 7 hingga 10 hari. Mengutip Homeanimal.com, faktor penting untuk kesembuhan kucing adalah usianya.

Anak kucing lebih rentan terkena flu dan lebih sulit untuk sembuh karena sistem imunnya yang belum baik. Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing, lebih baik pisahkan kucing yang terkena flu dengan kucing lainnya.

Cara mengobati kucing flu ini perlu dilakukan agar kucing lain tidak terinfeksi virus yang sama. Pisahkan pula tempat makan dan mainan kucing agar lebih aman.

Cara mengobati kucing flu selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa kucing terhidrasi dengan baik. Anda harus menyiapkan tempat air yang bisa diakses oleh kucing kapan saja.

Baca Juga: 4 jenis kucing persia yang bisa Anda pelihara

Letakkan beberapa tempat air lain di seluruh rumah. Hal itu bisa menstimulus kucing untuk meminum air.

Selain menyiapkan tempat minum tambahan, cara mengobati kucing flu juga bisa Anda lakukan dengan mencampur air di makanan kaleng kucing. Cara mengobati kucing flu ini sangat membantu kucing agar lebih mudah dalam menelan makanan.

Anda perlu juga selalu memperhatikan gejala flu yang dialami kucing. Jika gejala semakin parah dan kondisi tidak membaik, segera bawa kucing ke dokter hewan agar mendapat penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×