kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pepaya Efektif Redakan Asam Lambung, Solusi untuk Anda yang Enggan Minum Obat Kimia


Senin, 17 Oktober 2022 / 07:25 WIB
Pepaya Efektif Redakan Asam Lambung, Solusi untuk Anda yang Enggan Minum Obat Kimia
ILUSTRASI. Asam lambung sering kambuh? Pepaya efektif meredakan asam lambung, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini ada informasi menarik bagi para penderita asam lambung. Buah pepaya dipercaya efektif meredakan asam lambung. Ini bisa menjadi solusi untuk Anda penderita asam lambung yang enggan minum obat kimia. 

Buah pepaya salah satu buah tropis yang populer di tanah air. Buah pepaya mudah dijumpai di pasar tradisional sampai pasar modern. 

Sudah bukan rahasia bila buah pepaya jadi obat herbal untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun, siapa sangka buah pepaya juga ampuh meredakan asam lambung.  

Buah pepaya mengandung vitamin dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Melansir Medical News Today, satu buah pepaya berukuran sedang bisa mencukupi 224 persen kebutuhan vitamin C per hari. 

Selain vitamin C, buah pepaya juga mengandung vitamin A, E, K, folat, mineral magnesium, tembaga, antioksidan beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan likopen, kalsium, dan potasium. 

Buah pepaya termasuk buah yang mengandung kadar asam rendah, sehingga bisa dikonsumsi penderita asam lambung. 

Baca Juga: Manfaat adas sebagai obat herbal untuk batuk sampai asam urat

Manfaat pepaya untuk asam lambung

Melansir Good Housekeeping, kadar asam lambung naik dipengaruhi oleh beberapa hal seperti mengonsumsi gorengan, makanan yang mengandung pengawet, makanan pedas, asam, kafein, dan minum obat-obatan tertentu. 

Umumnya, para penderita asam lambung akan minum obat resep dokter untuk meredakan asam lambung. Alih-alih mengonsumsi obat kimia, penderita bisa mengonsumsi buah pepaya untuk meredakan asam lambung. 

Enzim papain dalam pepaya membantu melancarkan pencernaan. Ahli gizi pendiri Top Balance Nutrition AS, Maria Bella, M.S., R.D menjelaskan, enzim dan serat dalam pepaya bisa meredakan gejala asam lambung seperti panas hebat di perut atas sampai dada (heartburn). 

Ahli farmasi sekaligus penulis buku The People’s Pharmacy, Joe Graedon, lewat situs resminya mengulas manfaat pepaya untuk mengatasi asam lambung telah dikenal sejak ratusan tahun. 

Baca Juga: Menurunkan Asam Lambung Tinggi, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Graedon menyebut, studi di The British Medical Journal tanggal 3 April 1886 mengulas temuan Dr. George Herschell yang memberikan jus pepaya kepada 12 pasien asam lambung. 

Dr Herschell memberikan gambaran, pasiennya memiliki keluhan nyeri lambung parah dan asam lambung gampang naik setelah makan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan 10 pasien yang mengalami gejala asam lambung sembuh total, satu pasien melaporkan kondisinya lumayan, dan satu pasien tidak merasa kondisinya membaik. 

Saat ini, penelitian lanjutan terkait manfaat pepaya untuk asam lambung masih minim. Kendati masih minim bukti valid, selama tidak alergi dengan getah pepaya, tidak ada salahnya penderita penyakit asam lambung mengonsumsi pepaya. 

Selain itu, penderita penyakit asam lambung juga perlu mengelola stres, makan dalam porsi kecil tapi sering, dan menghindari pantangan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Pepaya untuk Mengatasi Asam Lambung Naik"

Penulis:Mahardini Nur Afifah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×