kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyebab dan gejala kanker tiroid papiler yang diidap Park So Dam, bintang Parasite


Selasa, 14 Desember 2021 / 15:49 WIB
Penyebab dan gejala kanker tiroid papiler yang diidap Park So Dam, bintang Parasite


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Kanker tiroid papiler adalah jenis kanker tiroid yang paling umum dan mewakili 70 hingga 80% kasus kanker tiroid.

Aktris Parasite Park So Dam telah menjalani operasi setelah didiagnosis menderita kanker tiroid papiler, menurut sebuah pernyataan dari agensinya seperti dilansir Newsweek.

Menurut pernyataan yang dirilis pada hari Senin (13/12/2021) oleh Artist Company, artis 30 tahun itu mundur dari tugas promosi untuk film barunya, Special Cargo, setelah dirinya diagnosis kanker.

Park So Dam didiagnosis kanker saat menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Lantas, apa penyebab dan gejala kanker tiroid papier?

Baca Juga: Sering merasa mual? Ini 6 bahan alami yang bisa meredakan mual

Penyebab kanker tiroid papiler

Kanker tiroid papiler adalah kanker yang dapat terjadi pada usia berapapun. Kanker tiroid papiler adalah tumor yang tumbuh lambat dengan kecenderungan menyebar ke kelenjar getah bening di leher.

Dirangkum dari laman Mayo Clinic, kanker tiroid secara umum mudah disembuhkan dan memiliki prognosis yang sangat baik, terutama pada orang yang berusia lebih muda.

Penyebab kanker tiroid papiler adalah mutasi gen tertentu. Namun, penyebab adanya mutasi gen tertentu ini masih belum sepenuhnya jelas.

Meski demikian, paparan radiasi yang berlebihan bisa menjadi penyebab mutasi gen yang telah terbukti.

Selain itu, riwayat kondisi medis tertentu yang diwariskan secara turun temurun, seperti poliposis familial dan Neoplasia Endokrin Multipel Tipe 2 juga dikaitkan dengan penyebab kanker tiroid papiler.

Baca Juga: Waspada! Sering Batuk Darah Bisa Jadi Gejala Kanker Paru




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×