Kesehatan Umum

Penyebab benjolan di punggung ini perlu Anda waspadai

Senin, 18 Januari 2021 | 10:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyebab benjolan di punggung ini perlu Anda waspadai

ILUSTRASI. Benjolan di punggung bisa disebabkan oleh banyak hal./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/11/07/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor yang menyebabkan benjolan di punggung. Mulai dari hal yang sepele seperti bisul atau jerawat, hingga faktor lain yang lebih serius seperti lipoma. Kondisi tersebut perlu segera Anda tangani, apalagi jika sampai mengganggu aktivitas Anda.

Biasanya, benjolan di bagian punggung Anda dibarengi dengan gejala yang lain. Misalnya, muncul rasa sakit dan sensasi terbakar serta kram. Rasa tersebut bisa muncul secara konstan atau berselang-seling. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Apalagi jika Anda mengalami gejala yang lebih parah, seperti demam, ukuran benjolan berubah, warna dan frekuensi buang air kecil berubah, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab munculnya benjolan agar lebih waspada.

Abses Kulit

Abses kulit adalah kantung berisi nanah yang terbentuk di bawah kulit. Mengutip dari Buoy (buoyhealth.com), kondisi tersebut terjadi karena infeksi bakteri melalui luka di tubuh Anda. Jika tak disembuhkan dengan benar, kondisi tersebut bisa semain parah.

Baca Juga: Yuk, ketahui 4 penyebab benjolan di selangkangan ini

Abses kulit yang berukuran kecil biasanya bisa sembuh dengan sistem imun tubuh yang kuat. Namun, dalam beberapa kasus, dibutuhkan perawatan medis untuk membersihkan nanah dan antibiotik supaya infeksi bakteri tak menyebar.

Jerawat

Jerawat jadi salah satu penyebab benjolan di punggung yang umum dialami oleh banyak orang. Biasanya, jerawat di punggung muncul ketika masa pubertas di mana banyak hormon yang mengalami perubahan. Perubahan hormon menyebabkan aktivitas kelenjar minyak meningkat.

Akibatnya, pori-pori kulit berisiko tersumbat dan terkkontaminasi bakteri sehingga jerawat pun muncul. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal itu, seperti mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kebersihan, dan menggunakan obat jerawat.

Dermatofibroma

Buoy mengatakan bahwa dermatofibroma adalah benjolan di punggung yang biasa dialami oleh orang dewasa. Kondisi tersebut jarang dialami oleh anak-anak. Dermatofibroma muncul dengan warna kemerahan dan tegolong dalam pertumbuhan sel jinak.

Baca Juga: Ada benjolan di telinga, perlu Anda ketahui gejala dan penyebabnya

Lipoma

Lipoma muncul akibat pertumbuhan lemak di antara otot dan kulit. Meski tak mengganggu, lipoma bisa tumbuh hingga menyerang sistem saraf di sekitarnya sehingga menimbulkan rasa sakit. Jika Anda mendapati benjolan lunak di punggung, segera periksakan diri ke dokter.

Nantinya, dokter akan melakukan berbagai macam pemeriksaan, seperti biopsi dan CT scan, untuk melihat kondisi kesehatan Anda. Jika memang dibutuhkan, lipoma bisa dihilangkan dengan cara operasi atau dengan cara lain sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Selanjutnya: Perlu Anda waspadai, ini 5 penyebab benjolan di kepala

Editor: Belladina Biananda
Terbaru