Penyakit radang panggul, apa saja yang perlu Anda ketahui?

Selasa, 23 November 2021 | 14:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyakit radang panggul, apa saja yang perlu Anda ketahui?

ILUSTRASI. Penyebab dan cara mencegah penyakit radang panggul perlu Anda kenali.

KONTAN.CO.ID - Salah satu jenis penyakit yang perlu Anda kenali adalah penyakit radang panggul atau biasa disebut dengan PID (pelvic inflammatory disease). Penyebab, gejala, komplikasi, hingga cara mencegahnya perlu Anda kenali supaya kesehatan bisa terus terjaga.

PID merupakan jenis infeksi yang menyerang organ reproduksi wanita. Pada umumnya, penyakit tersebut diawali oleh infeksi bakteri di vagina lalu menyebar ke rahim, tuba falopi, dan ovarium. Rasa sakit yang dialami wanita pun bisa berbeda.

Dalam beberapa kasus, wanita tak mengalami gejala PID sama sekali. Penyakit yang diderita justru baru diketahui saat mereka sulit hamil atau mengalami sakit panggul kronis.

Mengutip dari Mayo Clinic, ada beberapa gejala yang bisa Anda rasakan saat mengalami PID. Mulai dari rasa sakit yang muncul di area panggul dan perut bagian bawah, jumlah keputihan yang keluar lebih banyak dari batas normal dan berbau tidak sedap, serta demam.

Baca Juga: Kenali 3 penyakit seksual yang menular lewat seks oral

Penyebab penyakit radang panggul

Salah satu gejala penyakit radang panggul adalah sakit perut.

Ada banyak jenis bakteri yang bisa menyebabkan PID. Namun, infeksi gonore dan klamidia-lah yang paling umum menjadi penyebabnya. Biasanya, infeksi bakteri itu terjadi saat Anda berhubungan seks tanpa pelindung.

Selain itu, bakteri juga bisa menginfeksi tubuh Anda melalui faktor-faktor yang kurang umum. Misalnya, infeksi terjadi selama menstruasi, setelah melahirkan, keguguran, atau aborsi. Risiko penularan PID juga dapat meningkat karena beberapa faktor.

Beberapa faktor risiko yang dimaksud adalah wanita berusia kurang dari 25 tahun yang aktif secara seksual dan pernah menderita PID atau infeksi seksual menular.

Membersihkan vagina dengan metode douching juga bisa menyebabkan hal yang sama karena menyebabkan ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat.

Ada beberapa komplikasi yang bisa Anda alami apabila PID tak segera Anda atasi. Jaringan akan terluka dan muncul abses di saluran reproduksi. Beberapa komplikasi yang bisa Anda alami adalah kehamilan ektopik, radang panggul kronis, dan mengganggu kesuburan Anda.

Baca Juga: Anda mengalami nyeri perut kanan bawah? 5 hal ini penyebabnya

Cara mencegah penyakit radang panggul

Untuk mencegah terjadinya PID, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, pastikan untuk melakukan hubungan seksual dengan cara yang aman. Selalu pakai alat pelindung dan batasi jumlah pasangan.

Kedua, jangan membersihkan vagina dengan cara douching terlalu sering. Ketiga, rutin melakukan tes dan berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya agar kondisi kesehatan Anda tetap terkontrol.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui mengenai PID.

Selanjutnya: Bintang Eternals Lia McHugh bagikan foto syuting dengan Harry Styles & Richard Madden

Editor: Belladina Biananda
Terbaru