kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penting menjaga imunitas di masa pandemi, begini saran para bankir


Kamis, 25 Februari 2021 / 09:45 WIB
Penting menjaga imunitas di masa pandemi, begini saran para bankir


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam situasi pandemi Covid-19, menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak sangat dianjurkan untuk mengurangi paparan virus corona. Bukan cuma itu, kekebalan tubuh atau imunitas juga menjadi hal wajib untuk diperhatikan. 

Ada banyak cara menjaga daya tahan tubuh, mulai dari konsumsi suplemen, berolahraga hingga memakan makanan yang kaya nutrisi. Bukan hanya untuk diri sendiri, hal ini sejatinya wajib dilakukan untuk seluru anggota keluarga. 

Nah, Sekretaris Perusahaan PT Bank Syariah Bukopin Tbk Evi Yulia Kurniawati punya cara tersendiri. Selama pandemi, Evi dan keluarga secara rutin mengonsumsi vitamin, dan madu. Bahkan, jauh sebelum pandemi pihaknya juga meminum kunir untuk melawan bakteri jahat di pagi hari. 

Sementara di malam hari, Dia rutin mengonsumsi jahe yang dicampur dengan kencur dan jeruk. "Termasuk tentunya menjaga kesehatan dengan olahraga dan berjemur," katanya kepada Kontan.co.id, Rabu (24/2). 

Baca Juga: Kasus corona tembus sejuta, inilah makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Evi menyarankan untuk lebih mengutamakan konsumsi makanan dan obat-obatan herbal yang lebih aman bagi tubuh. Sementara untuk makanan, keluarganya selama pandemi memilih untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti alpukat, ubi jalar, dan pisang. Termasuk tidak lupa untuk memakan sayuran serta makanan kaya akan zinc seperti kacang-kacangan, jamur dan daging. 

Hal serupa juga dilakukan oleh Sekretaris Perusahaan PT Bank Mayora Slamet Riyadi selama pandemi. Selain mematuhi protokol kesehatan, dia juga mengaku rajin mengkonsumsi suplemen atau vitamin dalam bentuk tablet. 

"Saya juga minum suplemen kesehatan untuk memenuhi asupan vitam C, D dan E yang diperlukan untuk meningkatkan imun tubuh," ungkapnya. 

Bukan tanpa alasan, menurut beberapa pengalaman pasien Covid-19 hingga jurnal yang dibaca Slamet, untuk mencegah bahkan mengobati virus corona memang diperlukan asupan vitam C, D dan E yang cukup. 

Adapun, dalam mengkonsumsi vitamin dan suplemen, Slamet tetap mematuhi anjuran dari dokter. Seperti tidak mengkonsumsi dalam dosis tinggi atau berlebihan. 

Pasalnya, vitamin A,D,E, dan K merupakan vitamin larut lemak yang jika dikonsumsi berlebihan akan dapat menumpuk di dalam jaringan tubuh sehingga menjadi racun di dalam tubuh. Kondisi ini disebut hipervitaminosis. 

Tentunya, selain memilih makanan yang punya kandungan lebih sehat. Sangat dianjurkan pula untuk menjaga pola makan, istirahat yang teratur serta mengurangi stres berlebih untuk tetap menjaga tubuh dalam kondisi prima. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Cara menjaga daya tahan tubuh tetap sehat saat musim hujan tiba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×