Penting Dikenali Sejak Dini, Ini Ciri-Ciri Awal Penyakit Kanker

Sabtu, 16 April 2022 | 06:36 WIB Sumber: Kompas.com
Penting Dikenali Sejak Dini, Ini Ciri-Ciri Awal Penyakit Kanker

ILUSTRASI. Ciri-ciri awal kanker yang harus diwaspadai


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak ciri-ciri awal penyakit kanker. Mengenali ciri-ciri awal kanker bisa membantu penyembuhan penyakit tersebut dan mencegah kematian.

Kanker sebenarnya adalah penyakit yang bisa disembuhkan jika dideteksi sejak awal. Sayangnya, ciri-ciri atau gejala awal kanker seringkali diabaikan. Karena itu, banyak penderita kanker baru terdiagnosis setelah stadium lanjut.

Ahli perawatan kanker Josette Snyder mengatakan bahwa melakukan pemeriksaan rutin adalah hal penting untuk mendeteksi ciri-ciri awal kanker secara dini. Seorang dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Anda dan memiliki catatan kesehatan Anda dapat membantu menentukan apakah perubahan pada tubuh Anda memerlukan pengujian atau kunjungan ke spesialis.

Ciri-ciri awal kanker

Ada beberapa perubahan di tubuh yang bisa berpotensi menjadi kanker. Ketika menemui perubahan tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Berikut beberapa perubahan di tubuh yang merupakan ciri-ciri awal kanker:

1. Benjolan di bawah kulit Anda.

Ciri-ciri awal kanker yang pertama adalah adanya benjolan di bawah kulit. Seringkali tidak mungkin untuk membedakan kista jinak dari tumor ganas hanya dengan melihatnya, jadi periksakan ada benjolan di payudara, leher, atau area genital.

Baca Juga: Awas! Tangan dan Kaki Sering Kesemutan Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini

2. Kutil atau tahi lalat yang berubah penampilan.

Ciri-ciri awal kanker yang kedua adalah tahi lalat yang membesar. Lesi yang asimetris atau berubah bentuk, warna atau ukuran harus diperiksakan ke dokter.

3. Perubahan signifikan dalam kebiasaan kamar mandi

Ciri-ciri awal kanker yang ketiga adalah perubahan signifikan dalam kebiasaan di kamar mandi. Hal ini bisa berupa lebih sering buang air kecil atau selalu merasa ingin buang air besar, atau perubahan kebiasaan buang air besar (diare atau sembelit) serta darah dalam tinja atau air seni.

4. Kesulitan menelan.

Ciri-ciri awal kanker yang keempat adalah sulit menelan. Kanker mulut, tenggorokan atau kerongkongan dapat menyebabkan gejala ini.

5.Pendarahan atau keputihan yang tidak biasa.

Ciri-ciri awal kanker yang kelima adalah pandarahan atau keputihan yang tidak biasa. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda mengalami keputihan spontan atau keputihan yang berbau.

6. Batuk kronis atau suara serak

Ciri-ciri awal kanker yang keenam adalah batuk kronis atau suara serak. Ini terutama jika Anda batuk darah atau juga mengalami nyeri dada atau sesak napas.

7. Luka yang tidak kunjung sembuh.

Ciri-ciri awal kanker yang ketujuh adalah luka yang tidak kunjung sembuh. Atau yang sembuh dan kemudian berdarah lagi. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini, pastikan untuk memeriksakannya ke dokter.

Pemeriksaan kanker

Untuk mencegah kanker, ahli kesehatan juga menyarankan kita untuk melakukan pemeriksaan rutin seperti berikut: Mammogram setiap dua tahun sekali untuk wanita berusia antara 50 dan 74 tahun. Tes Pap atau tes HPV setiap tiga tahun untuk wanita berusia antara 21 dan 65 tahun.

Tes tinja tahunan antara usia 50 dan 75 tahun; potensi bentuk skrining lain untuk kanker usus besar setiap lima sampai sepuluh tahun. Skrining berbasis PSA berkala untuk pria berusia antara 55 hingga 69 tahun, sambil menunggu percakapan menyeluruh dengan dokter tentang potensi manfaat dan bahaya skrining.

Computed tomography dosis rendah tahunan untuk orang dewasa berusia antara 55 dan 80 tahun dengan riwayat merokok yang masih merokok atau telah berhenti dalam 15 tahun terakhir.

Itulah sejumlah ciri-ciri awal kanker yang harus diwaspadai. JIka Anda mengalami salah satu ciri-ciri kanker di atas, segera konsultasi dengan dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanda Awal Kanker yang Harus Diwaspadai",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru