kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penting! 3 Tips Merawat Gigi yang Dipasang Behel


Jumat, 11 Februari 2022 / 10:13 WIB
Penting! 3 Tips Merawat Gigi yang Dipasang Behel
ILUSTRASI. Tips merawat gigi yang dipasang behel.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Merawat Gigi yang dipasang behel perlu dilakukan secara ekstra. Pasalnya kawat-kawat atau behel yang dipasang di gigi sangat rentan menjadi sarang kuman jika tidak dibersihkan. 

Umumnya seseorang dipasang kawat gigi atau behel adalah untuk merapikan posisi gigi atau rahang yang memiliki kelainan. Contohnya, seperti gigi berantakan, terlalu ke depan, miring dan posisi gigi lainnya yang dapat mengganggu saat proses mengunyah makanan. 

Selain itu, pemasangan gigi yang di behel juga berfungsi jika anda kesulitan berbicara atau sakit rahang karena adanya kelainan tadi. Namun, perlu diperhatikan pemasangan behel tidak sembarangan, harus dilakukan oleh ahli yaitu dokter gigi. 

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Menggunakan Bahan Alami, Murah dan Aman

Merawat gigi yang dipasang behel juga harus sangat diperhatikan. Pasalnya gigi berbehel harus dibersihkan dengan cara yang baik dan benar. 

Melansir dari Hello Sehat, terdapat beberapa tips merawat gigi yang dipasang behel yang bisa Anda lakukan. Di antaranya yaitu: 

1. Rutin Periksa Gigi ke Dokter

Cara pertama merawat gigi yang dipasang behel adalah harus rutin periksa kondisi gigi dan behel kepada ahlinya yaitu Dokter Gigi. Seminimalnya Anda melakukan pemeriksaan 1 bulan sekali agar gigi yang dibehel terawat. 

Selain itu saat pemeriksaan gigi yang dipasang behel akan dibersihkan, karet behel diganti, sehingga tidak behel yang dipasang tidak menjadi sarang kuman. 

2. Sikat Gigi dengan Benar

Melakukan sikat gigi dengan benar juga menjadi salah hal yang penting dilakukan. Pasalnya, anda tidak mungkin ke dokter gigi setiap hari, oleh karena menggosok gigi yang dipasang behel dengan benar merupakan cara yang harus bisa dilakukan. 

Anda harus menggosok gigi dengan benar setiap malam, pagi hari dan setelah makan. 

Baca Juga: 11 Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Cocok Saat Diet

3. Hindari Makanan Keras dan Lengket

Jika anda baru beberapa hari  memasang behel di gigi, disarankan untuk menghindari makanan keras dan lengket. Hal tersebut dikarena berisiko lepasnya bracket yang baru dipasang di gigi. 

Itulah cara merawat gigi yang dipasang behel yang perlu anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×