Produk dan Layanan

Pengertian vaksin dan cara kerjanya terhadap tubuh

Selasa, 08 Desember 2020 | 19:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pengertian vaksin dan cara kerjanya terhadap tubuh


KONTAN.CO.ID - Vaksin virus corona baru buatan Sinovac sudah datang di Indonesia. Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin asal China ini tiba pada Minggu (6/12) lalu. 

Mengutip dari Kontan.co.id (6/12/2020), vaksin virus corona baru buatan Sinovac tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. 

Mungkin, beberapa masyarakat masih awam dengan vaksin dan mengapa pemberiannya sangat penting. Vaksin, mengutip dari Web MD, adalah produk biologi dari virus yang dilemahkan atau sudah mati. 

Vaksin merupakan zat atau substansi yang berfungsi membantu tubuh melawan penyakit tertentu. Tubuh yang sudah divaksin akan membentuk antibodi terhadap virus tertentu.

Karena itu, vaksinasi sangat penting agar tubuh bisa melawan penyakit tertentu.

Baca Juga: Tips dari pendiri Apple, Steve Jobs agar kamu jago public speaking

Cara kerja vaksin

Lalu, bagaimana cara vaksin bekerja setelah dimasukkan pada tubuh? 

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenriset/BRIN) lewat unggahan di akun Instagram pada Selasa (8/12) menyebutkan, vaksin yang sudah diberikan akan melatih tubuh untuk membentuk kekebalan terhadap penyakit. 

Vaksin yang dibuat dari virus yang dilemahkan akan membantu tubuh mengenali virus asli dan melatih sistem imun untuk melawannya. 

Mikroba yang terkandung dalam vaksin akan berperan sebagai antigen. Zat ini akan merangsang sistem imun tubuh agar menghasilkan antibodi yang bisa melawan suatu penyakit. 

Jika terpapar virus, tubuh bisa segera memproduksi limfosit atau antibodi yang diproduksi imun tubuh. Antibodi tersebut kemudian akan menyerang virus tersebut. Virus akan dihancurkan atau dinetralisasi oleh antibodi.

Baca Juga: Bio Farma: Penerima pertama vaksin Covid-19 adalah tenaga kesehatan

Perbedaan vaksin dan imunisasi

Selama ini, masih banyak masyarakat beranggapan vaksin dan imunisasi sama. Meskipun memiliki fungsi yang sama, dua istilah ini memiliki sedikit perbedaan.

Baik imunisasi dan vaksin berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada penyakit tertentu. 

Mengutip dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan (Kemenkes), vaksin merupakan produk biologi dari virus yang dilemahkan dan digunakan untuk imunisasi.

Sedangkan imunisasi adalah kegiatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan memberikan vaksin. Kekebalan tubuh terhadap penyakit tergantung dari vaksin yang diberikan. 

Selanjutnya: Mempelajari struktur dan fungsi dari kulit manusia

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru