Penerima vaksin bisa tularkan Covid-19 ke orang lain, lo

Senin, 30 Agustus 2021 | 11:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penerima vaksin bisa tularkan Covid-19 ke orang lain, lo

ILUSTRASI. Vaksinasi memang lebih melindungi tubuh, tapi bukan berarti Anda terbebas dari Virus Corona. KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tubuh membutuhkan vaksin Covid-19 supaya lebih terlindungi dari infeksi Virus Corona. meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikan protokol kesehatan yang lain. Anda tetap bisa tertular virus itu dan menularkannya ke orang lain.

Melansir Eatthis.com, jumlah Virus Corona di tubuh orang yang sudah divaksinasi sama dengan jumlah virus di tubuh orang yang belum menerima vaksin. Hal itu menunjukkan bahwa risiko penularan Virus Corona masih bisa terjadi meski Anda sudah divaksin.

Meski demikian, jumlah penularan Virus Corona dari orang yang sudah divaksin tidak sebanyak penularan Covid-19 dari orang yang belum divaksin. Artinya, vaksinasi tetap perlu Anda lakukan. Usahakan untuk tidak menunda jadwal vaksinasi yang Anda miliki, ya.

Baca Juga: Inilah makanan untuk mengurangi efek samping vaksin Covid-19

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Selalu jaga jarak dengan orang lain saat Anda berada di tempat umum. Jangan lupa untuk menggunakan masker yang sesuai dengan standar kesehatan.

Menjaga kebersihan tangan juga perlu Anda lakukan. Cobalah untuk memakai sabun dan air mengalir. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer. Tentu saja kandungan alkoholnya perlu Anda perhatikan supaya tak ada kuman yang tertinggal di tangan Anda.

Baca Juga: Agar sekolah tatap muka lebih aman, vaksinasi usia 12-17 tahun butuh percepatan

Eatthis.com juga mengingatkan Anda untuk tidak mengunjungi tempat-tempat dengan risiko penularan tinggi. Apalagi jika mayoritas pengunjung tempat tersebut belum divaksin dengan dosis lengkap.

Tempat dengan risiko penularan Covid-19 tinggi biasanya ditandai dengan ventilasi udara yang buruk. Contohnya, kedai kopi, restoran, dan lain sebagainya. Jika Anda memang ingin mengonsumsi menu favorit dari restoran, cobalah untuk memanfaatkan layanan pesan antar untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Kontaminan dalam vaksin Covid-19 Moderna kembali ditemukan di Prefektur Gunma Jepang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru