Penelitian terbaru temukan bahan alam ini efektif sebagai obat batuk

Kamis, 20 Agustus 2020 | 13:48 WIB Sumber: Kompas.com
Penelitian terbaru temukan bahan alam ini efektif sebagai obat batuk

ILUSTRASI. Penelitian terbaru temukan bahan ini efektif sebagai obat batuk. REUTERS/Tatyana Makeyeva

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat batuk sangat beragam dan mudah dibeli di sekitar kita. Ada obat batuk alami, obat batuk herbal, hingga obat batuk buatan pabrik. Namun, penelitian terbaru mengungkap madu sebagai obat batuk yang lebih ampuh dari obat batuk biasa buatan pabrik.

Penelitian tentang obat batuk berlangsung di Oxford University yang hasilnya dipublikasikan batu-baru ini. Penelitian itu menemukan obat batuk paling ampuh, yaitu madu.

Dalam makalah yang dipublikasikan dalam British Medical Journal itu, para peneliti menyimpulkan bahwa madu lebih efektif daripada ekspetoran, obat penekan batuk, antihistamin, dan obat penghilang rasa sakit.

Baca juga: Terlaris pada Juli, harga mobil bekas Fortuner cukup murah mulai Rp 110 juta

Melansir dari Newshub, madu terbukti lebih unggul dalam meredakan batuk, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat. Bahkan, keefektifan madu dalam mengurangi keparahan batuk 44 persen lebih tinggi dibanding obat-obatan yang dijual bebas.

Efek tersebut didapatkan dari sifat anti-mikroba dan senyawa hidrogen peroksida dalam madu yang efektif membunuh bakteri. Tak hanya itu, konsistensi madu yang kental dan lengket juga memiliki efek menenangkan pada tenggorokan.

Merangkum dari The Guardian, analisis data studi menunjukkan bahwa madu lebih efektif dibanding obat batuk biasa untuk mengobati gejala, terutama frekuensi dan tingkat keparahannya. Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa madu sebagai obat batuk mampu mengatasi batuk lebih cepat satu hingga dua hari.

Meski begitu, para peneliti juga menyadari bahwa madu adalah zat yang kompleks dan bukan produk seragam. Artinya, kandungan antara madu satu dengan yang lainnya mungkin saja berbeda secara signifikan.

Namun, para peneliti juga menyebut, madu dapat menjadi obat alternatif yang aman untuk mengobati gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) dengan aman. " Madu adalah obat awam yang sering digunakan oleh pasien. Bahan ini juga murah, mudah diakses, dan lebih minim risiko. Ketika dokter ingin meresepkan obat, kami merekomendasikan madu sebagai alternatif antibiotik," tulis para peneliti.

Baca juga: Lowongan kerja Agustus 2020 dari PT SMF, ada empat posisi

"Madu lebih efektif dan tidak terlalu berbahaya dibandingkan perawatan alternatif biasa dan menghindari kerusakan melalui resistensi anti-mikroba," tulis para peneliti dalam laporan mereka.

Jadi, tidak ada salahnya menggunakan madu sebagai obat batuk. Semoga cepat sembuh!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Madu Lebih Ampuh Sembuhkan Batuk Dibanding Obat Pabrikan",

Penulis : Resa Eka Ayu Sartika
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

Editor: Adi Wikanto


Terbaru