Penelitian: makanan bernutrisi penting untuk mencegah infeksi virus corona

Kamis, 03 Desember 2020 | 04:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penelitian: makanan bernutrisi penting untuk mencegah infeksi virus corona


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menerapkan protokol kesehatan, infeksi Virus Corona juga bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi. Hal itu dibuktikan oleh para peneliti dari School of Human Development and Health, University of Southampton.

Penelitian tersebut dipublikasikan dalam BMJ Nutrition, Prevention, and Health. Mengutip dari The Hindu Business Line (thehindubusinessline.com), sistem imun tubuh bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Kondisi itu disebut dengan istilah immunosenescence.

Ada banyak sel yang berkurang karena immunosenescence. Beberapa di antaranya adalah T limposit, B limposit, sel dendritik, monosit, dan sel pembunuh alami. Itulah mengapa orang tua lebih rentan mengalami Covid-19 yang parah. Selain usia, obesitas juga membuat respons imun menurun.

Sistem imun tubuh bisa selalu berjalan, tapi sel-selnya akan lebih aktif saat ada patogen yang menyerang. Saat hal itu terjadi, tubuh membutuhkan lebih banyak energi yang bisa berasal dari asam lemak, glukosa, atau asam amino.

Baca Juga: Taiwan batasi jumlah pekerja migran Indonesia, gara-gara banyak yang positif corona

Philip C. Calder, seorang peneliti yang terlibat dalam studi, mengatakan bahwa beberapa nutrisi berperan penting terhadap respons sel imun. Antioksidan juga mampu menjaga tubuh dari oksidatif stres yang menyebabkan penyakit.

Sistem imun tubuh juga bisa semakin kuat saat Anda mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zat besi, zinc, dan lain sebagainya. Ketika sistem imun tubuh Anda terjaga, risiko infeksi Virus Corona pun menurun.

Baca Juga: Mahfud MD janji pemerintah akan tindak tegas yang tolak telusur kontak erat Covid-19

Melansir The Hindu Business Line, masyarakat diimbau untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi sumber makanan bergizi yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Dengan begitu, sistem imun meningkat dan kesehatan tubuh tetap terjaga dari serangan berbagai penyakit.

Selanjutnya: Cegah Covid-19 di lingkungan kerja, berikut strategi emiten tambang batubara

Editor: Belladina Biananda


Terbaru