kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pencegahan virus corona ini penting untuk Anda lakukan


Selasa, 09 Februari 2021 / 14:25 WIB
Pencegahan virus corona ini penting untuk Anda lakukan
ILUSTRASI. Cuci tangan jadi salah satu kunci pencegahan virus corona yang perlu Anda lakukan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Menjaga sistem imun tubuh tetap terjaga jadi salah satu pencegahan virus corona yang perlu Anda lakukan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi setiap hari dan melakukan olahraga secara rutin.

Selain itu, tentu saja masih banyak cara lain yang bisa menghindarkan Anda dari infeksi virus corona.

Pertama, Anda perlu menghindari beberapa tempat yang memiliki penularan Covid-19 yang tinggi. Mulai dari hotel, restoran, bar, kafe, dan lain sebagainya. Jika terpaksa mengunjungi tempat-tempat tersebut, batasi durasi kunjungan Anda.

Melansir Eatthis.com, seberapa lama Anda berada di suatu tempat yang memiliki risiko penularan virus corona dapat meningkatkan risiko tubuh terinfeksi. Apalagi, jika tempat yang Anda datangi memiliki ventilasi udara yang tidak terlalu bagus.

Baca Juga: Ini penyebab penularan Covid-19 di Jakarta masih tinggi

Kedua, pastikan untuk selalu memakai masker saat bertemu dengan orang lain. Pastikan untuk memakai masker tiga lapis dengan bahan yang nyaman dan ukuran yang menutup seluruh hidung dan mulut. Dengan begitu, pencegahan Covid-19 akan lebih maksimal.

Ketiga, jangan lupa untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal sejauh dua meter. Ukuran partikel droplet yang mengandung virus corona bervariasi.

Laju penyebarannya pun berbeda-beda, tergantung dari cara penderita Covid-19 mengeluarkannya, seperti berbicara, bersin, atau batuk.

Keempat, jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan dengan rajin cuci tangan memakai sabun dan air mengalir. Bersihkan kuman dan kotoran lain yang menempel hingga ke sela-sela jari.

Dalam keadaan darurat tanpa sabun dan air, Anda bisa menggantinya dengan hand sanitizer.

Baca Juga: Efektif jadi alat pencegahan virus corona, gunakan jenis-jenis masker ini

Selain itu, pastikan untuk tidak memegang wajah menggunakan tangan terlalu sering. Apalagi, jika Anda belum cuci tangan. Kebiasaan itu justru dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19 karena virus bisa masuk melalui mata, hidung, atau mulut.

Menurut Eatthis.com, Anda perlu memerhatikan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terlebih, bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu yang dapat meningkatkan keparahan Covid-19. Misalnya, diabetes, berat badan berlebih, tekanan darah tinggi.

Selanjutnya: Musim banjir tiba, bisakah air bah menularkan virus corona?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×