Penanganan Pasien Kanker, Ini Cara Terbaik Perawatan Paliatif dari Siloam Hospitals

Selasa, 18 Oktober 2022 | 21:31 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Penanganan Pasien Kanker, Ini Cara Terbaik Perawatan Paliatif dari Siloam Hospitals

ILUSTRASI. Rumah Sakit PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) 


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menyambut momentum Hari Paliatif Internasional tahun 2022 di tanggal.8 Oktober, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi melakukan edukasi bertajuk "Never Alone: Tips Mendampingi Pasien Kanker di Masa Sulit' melalui live Instagram, Kamis (6/10) yang diikuti ratusan peserta dari keluarga pasien MRCCC dan sejumlah komunitas penyintas kanker.

Informasi diberikan terkait Perawatan Paliatif yang merupakan pendekatan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan pasien, keluarga, serta care giver. Perawatan diberikan melalui penanganan dan pencegahan rasa nyeri serta keluhan fisik lainnya, berikut isu psikologis, sosial, dan spiritual.   

Sesi edukasi diberikan dr. Venita Eng M.Sc.CT., Koordinator Perawatan Paliatif MRCCC, yang polikliniknya terletak di lantai 21.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Sampai Mengontrol Gula Darah, Ini 7 Manfaat Pala

dr. Venita mengatakan di masa masa sulit yang dijalani pasien kanker, perawatan paliatif sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan rasa nyaman pasien dengan pendekatan holistik dan komprehensif, termasuk dukungan bagi keluarga. Perawatan paliatif juga tidak terbatas hanya diberikan pada pasien kanker stadium tertentu, namun dapat dimulai di stadium awal dan juga pada kondisi non-kanker.

"Perawatan paliatif dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi melibatkan tim multidisiplin, yaitu dokter dari berbagai layanan spesialis, perawat, tim Holistic Care, relawan, serta rohaniawan. Tim multidisiplin ini akan merawat para pasien kanker agar lebih nyaman dalam menjalani masa sulit sejak awal diagnosis, hingga masa akhir kehidupan, atau 'end of life',  hingga masa kedukaan keluarga," tutur dr. Venita Eng M.Sc.CT., dokter yang juga aktif di Yayasan Kanker Indonesia dalam keterangannya.

Layanan perawatan paliatif di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dapat diakses pasien dan keluarga melalui konsultasi langsung di poliklinik paliatif, kunjungan di ruang rawat inap, telekonsultasi, dan juga tersedia layanan Homecare atau kunjungan tim dokter dan perawat paliatif di rumah pasien.

Penangan Paliatif 

Perawatan paliatif memberikan pendekatan kesehatan terpadu yang bersifat aktif menyeluruh, yaitu pendekatan multidisiplin yang terintegrasi antara dokter, perawat, fisioterapis, petugas sosial medis, psikolog, ahli gizi, rohaniawan, relawan, serta profesi lain yang diperlukan.

dr. Venita Eng M.Sc.CT., mengingatkan sejumlah prinsip perawatan paliatif adalah menghargai setiap kehidupan dan proses kematian dari setiap manusia sebagai proses yang normal.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru