Pemicu Asam Urat Kambuh Selain Makanan & Tanda Asam Urat Di Kaki Yang Harus Dikenali

Selasa, 20 September 2022 | 04:55 WIB Sumber: Kompas.com
Pemicu Asam Urat Kambuh Selain Makanan & Tanda Asam Urat Di Kaki Yang Harus Dikenali


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali pemicu asam urat kambuh. Pahami pula tanda-tanda asam urat yang sering terjadi di kaki.

Mengenali pemicu asam urat penting untuk mencegah penyakit ini kambuh. Pemicu asam urat bukan hanya makanan dan minum mengandung purin, tapi juga hal lain.

Asam urat bisa membuat kita merasakan nyeri tak tertahankan di area kaki. Bahkan dalam kasus yang parah, asam urat bisa membuat kita sulit berjalan.

Asam urat adalah jenis radang sendi yang umum yang dapat mempengaruhi setiap sendi, paling sering jempol kaki. Asam urat di kaki biasanya muncul diiringi dengan tanda seperti rasa sakit, bengkak, kemerahan, kesulitan menggerakan sendi.

Tanda asam urat di kaki tersebut bisa berlangsung satu hingga dua minggu. Semakit cepat mengenali tanda-tanda asam urat di kaki semakin cepat pula untuk mendapatkan pengobatan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik dan Buruk Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Pemicu asam urat

Asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah purin, yang merupakan bahan kimia yang ditemukan secara alami di dalam tubuh dan dalam beberapa makanan.

Asam urat biasanya dipecah dan dibuang melalui urin. Bila tidak dihilangkan dengan benar, kelebihan asam urat berubah menjadi kristal berbentuk jarum di persendian, yang menyebabkan penyakit asam urat.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu asam urat. Biasanya, pemicu asam urat adalah makanan seperti daging merah, seafood, makanan tinggi gula, dan alkohol. Akan tetapi, beberapa gaya hidup juga bisa memicu kambuhnya asam urat.

Selain makanan, berikut hal yang bisa menjadi pemicu asam urat:

1. Stres

Pemicu asam urat selain makanan yang pertama adalah stres. Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Untuk membantu menghindari serangan asam urat, peneliti menyarankan agar penderita asam urat mencoba menghindari stres atau mengambil langkah-langkah tertentu untuk mengurangi stres.

2. Aspirin

Pemicu asam urat selain makanan yang kedua adalah aspirin. Aspirin dosis rendah dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan terkadang hampir dua kali lipat risiko penyakit asam urat.

Satu studi menemukan bahwa risiko serangan asam urat meningkat setelah dua hari mengonsumsi aspirin dosis rendah. Aspirin dosis rendah sering digunakan dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

Jadi, meskipun mungkin memicu serangan asam urat, Anda tidak disarankan untuk menghentikan atau mengubah penggunaan aspirin dosis rendah jika Anda meminumnya untuk melindungi diri dari serangan jantung atau stroke. Sebagai gantinya, Anda dapat mengatasi pemicu asam urat lain, seperti konsumsi alkohol dan daging merah.

3. Dehidrasi

Pemicu asam urat selain makanan yang ketiga adalah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kadar asam urat yang lebih tinggi karena penurunan buang air kecil.

Hal tersebut membuat asam urat yang harusnya keluar lewat urin menumpuk di tubuh. Untuk menurunkan risiko serangan asam urat, penderita asam urat harus minum banyak air setiap hari.

Tanda asam urat di kaki

Berikut ini beberapa tanda asam urat di kaki yang perlu diwaspadai: 

1. Nyeri sendi tak tertahankan

Tanda asam urat di kaki yang pertama adalah rasa nyeri sendi. Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit asam urat dapat menyebabkan nyeri sendi tak tertahankan. 

Nyeri tersebut berasal dari munculnya kristal urat di sendi akibat kondisi kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah. 

Bagian yang paling sering mengalami nyeri sendi akibat asam urat adalah jempol kaki. 

Sementara, nyeri tersebut dapat juga timbul di pergelangan kaki, lutut, pergelangan kaki, siku, dan jari tangan. 

Orang yang terkena serangan nyeri sendi akibat asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama.  Nyeri sendi awal tersebut bisa berlangsung selama 3-10 hari dan paling sering terjadi pada malam hari. 

2. Muncul bengkak

Selain nyeri sendi, tanda asam urat di kaki juga bisa berupa munculnya pembengkakan.  Pembengkakan tersebut tidak hanya terjadi di sendi, tapi bisa juga di sekitar sendi.

Ada dua alasan mengapa pembengkakan bisa terjadi akibat asam urat. Pertama, bengkak muncul karena jaringan pelapis sendi bernama sinovium membengkak. Kedua, adanya peningkatan volume cairan synovial atau pelumas sendi saat terjadi peradangan. 

Pada tahap ini, penderita asam urat bisa jadi tidak akan mampu bergerak secara leluasa lagi. 

3. Warna kulit yang memerah 

Tanda asam urat di kaki yang ketiga adalah perubahan warna kulit. Pada kasus asam urat, pembengkakan yang terjadi pada umumnya disertai juga dengan warna kulit yang memerah. 

Saat terjadi peradangan di sendi, aliran darah akan meningkat di sana. Hal itu pun kemudian membuat warna kulit berubah memerah.

4. Sensasi panas di sendi 

Melansir Health Line, tak hanya nyeri sendi yang tak tertahankan dan pembengkakan, tanda asam urat di kaki juga dapat berupa rasa panas di persendian. 

Kondisi ini pada kenyatannya bisa menjangkit segala usia, termasuk kalangan muda usia 20 tahunan. Sensasi panas atau hangat di persendian tersebut tidak lain adalah efek dari proses peradangan akibat kristal yang terbentuk di sendi-sendi. 

5. Benjolan (tophi) 

Tanda asam urat di kaki yang kelima adalah muncul benjolan atau tophi. Jika seseorang terlambat atau tidak mengobati penyakit asam uratnya, itu bisa menjadi kronis. 

Benjolan keras yang disebut tophi akhirnya dapat berkembang di persendian dan kulit serta jaringan lunak yang mengelilinginya. 
Keberadaan tophi ini secara permanen dapat merusak sendi. Dengan demikian, perawatan sesegera mungkin sangat penting ditempuh untuk mencegah penyakit asam urat menjadi kronis. 

Mengetahui ciri-ciri asam urat dapat membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter sebelum penyakit tersebut dapat menyebabkan masalah permanen. (Ariska Puspita Anggraini, Irawan Sapto Adhi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selain Makanan, 3 Hal Ini Bisa Bikin Asam Urat Kambuh", dan "5 Ciri-ciri Asam Urat yang Harus Diwaspadai",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru