Patut waspadai, 4 gejala penyakit liver ini bisa Anda alami

Sabtu, 31 Juli 2021 | 12:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Patut waspadai, 4 gejala penyakit liver ini bisa Anda alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis penyakit yang bisa Anda alami, tak terkecuali penyakit liver. Tentu saja gejala penyakit liver perlu Anda ketahui supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat.

Penyakit liver bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari infeksi virus, mengonsumsi makanan yang kurang sehat, atau mengonsumsi alkohol berlebih. Tentu saja Anda perlu mewaspadai beberapa hal itu untuk menghindari penyakit liver.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejala berikut. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Beberapa gejala yang dimaksud adalah penyakit kuning, pendarahan, dan lain sebagainya.

Kebingungan

Melansir Cleveland Clinic (health.clevelandclinic.org), kebingungan termasuk salah satu ciri penyakit liver. Seperti yang telah disebutkan, liver mengalami gangguan yang mana penyaringan dan pembuangan zat beracun tidak bisa maksimal.

Nah, zat beracun itu dapat berpindah ke bagian otak sehingga menyebabkan beberapa masalah. Selain mengakibatkan kebingungan, kondisi itu juga membuat Anda mengalami gangguan memori hingga koma.

Baca Juga: Bisa kanker, berikut 5 arti nyeri perut sebelah kanan yang Anda alami

Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah kondisi di mana muncul bercak kuning di beberapa bagian kulit dan mata. Tidak berhenti sampai di situ, penyakit kuning juga ditandai dengan warna urin yang lebih gelap daripada biasanya.

Gejala penyakit liver itu muncul ketika bilirubin pecah. Seharusnya, bilirubin diserap liver kemudian diubah menjadi bile. Nantinya, bile akan dikeluarkan bersama dengan feses. Namun, karena liver terganggu, fungsi itu pun tak bisa berjalan secara maksimal.

Retensi Cairan

Cleveland Clinic menyebutkan bahwa retensi cairan termasuk gejala penyakit liver. Umumnya, kondisi itu mengakibatkan beberapa bagian tubuh, seperti kaki, mengalami pembengkakan. Untuk menghindari kondisi yang lebih parah, cobalah untuk membatasi konsumsi sodium.

Baca Juga: Gejala Diabetes Juga Bisa Dikenali Dari Bau Mulut, Berikut Penjelasannya

Pendarahan

Pendarahan, seperti mimisan, bisa jadi salah satu gejala penyakit liver.

Penaykit liver juga ditandai dengan pendarahan, lo. Biasanya, darah keluar bersama dengan feses. Namun, ada pula kasus di mana penderita penyakit liver mengalami muntah darah. Tidak hanya itu, Anda juga rentan mengalami gusi berdarah atau mimisan.

Jika Anda mengalami pendarahan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menentukan perawatan seperti apa yang Anda perlukan.

Selanjutnya: Anda mesti waspada, ini 10 ciri-ciri gula darah tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru