Patut waspada, infeksi virus corona bisa mengganggu otak

Kamis, 09 Desember 2021 | 16:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Patut waspada, infeksi virus corona bisa mengganggu otak

ILUSTRASI. Anda perlu selalu hati-hati karena virus corona bsia mengganggu otak. REUTERS/Anastasia Vlasova.

KONTAN.CO.ID - Virus corona memang menyerang sistem pernapasan. Namun, efek Covid-19 juga bisa terasa di bagian tubuh yang lain, salah satunya adalah otak.

Makanya, Anda perlu mewaspadai beberapa gejala Covid-19 yang sedang Anda alami. Melansir Eatthis.com, efek Covid-19 pada otak merupakan hal yang biasa.

Gejala yang umum Anda alami adalah depresi, kelelahan, atau kondisi-kondisi lain yang lebih ringan. Tentu saja, hal itu perlu Anda atasi dengan benar supaya tak menimbulkan masalah lain yang lebih parah.

Ulasan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, Psychiatry melihat kondisi kesehatan 105.000 orang yang terdiagnosa Covid-19 dari 30 negara.

Hasilnya, gangguan neurologis dan psikiatri akibat Virus Corona tak hanya dialami oleh mereka yang menderita Covid-19 parah. Gangguan itu juga dialami oleh mereka dengan gejala-gejala ringan dan sedang.

Baca Juga: 11 Jenis vaksin Covid-19 di Indonesia dan efek sampingnya, jangan pilih-pilih

Baca Juga: Jokowi pilih dua obat Covid-19 Remdesivir & Favipiravir diperbanyak, apakah ampuh?

Meski belum bisa ditentukan secara pasti penyebab terjadinya gangguan-gangguan itu, peradangan adalah salah satu kemungkinan penyebabnya.

Mengutip Eatthis.com, peradangan akibat infeksi Virus Corona bisa menurunkan asupan oksigen ke otak.

Masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar mengetahui mengapa dan bagaimana efek jangka panjang lain yang bisa dialami pasien akibat Covid-19.

Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah melakukan langkah pencegahan semaksimal mungkin. Segera dapatkan suntikan vaksin Covid-19 apabila tidak ada faktor lain yang menghambat hal itu.

Tidak berhenti sampai di situ, tetap terapkan protokol kesehatan, ya. Hindari tempat-tempat yang dipenuhi banyak orang. Jangan lupa pula untuk jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker.

Selanjutnya: Cegah penyebaran varian Omicron, PM Inggris Boris Johnson perketat mobilitas warga

Editor: Belladina Biananda
Terbaru