Kesehatan Umum

Patut waspada, 4 ciri-ciri diabetes ini bisa terjadi

Kamis, 03 Juni 2021 | 11:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Patut waspada, 4 ciri-ciri diabetes ini bisa terjadi

ILUSTRASI. Anda perlu berhati-hati terhadap berbagai macam ciri-ciri diabetes yang bisa terjadi. Kontan/Alri kemas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang bisa mengalami ciri-ciri diabetes yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan perubahan kondisi tubuh. Semakin cepat Anda mendapat perawatan, semakain sedikit pula masalah kesehatan yang perlu Anda alami.

Ada dua jenis penyakit diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Biasanya, diabetes tipe 1 lebih sering dialami oleh anak-anak dan dewasa muda. Saat penyakit itu tak tertangani dengan baik, diabetes tipe 1 bisa berkembang menjadi diabetes tipe 2.

Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyakit diabetes. Mulai dari obesitas atau berat badan berlebih, riwayat kesehatan keluarga, dan pola hidup yang kurang sehat. Selain memerhatikan faktor risiko tersebut, mewaspadai gejala penyakit gula ini pun penting untuk Anda.

Sering Buang Air Kecil

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa diabetes mengakibatkan penderitanya sering buang air kecil. Saat jumlah gula darah dalam tubuh meningkat, air yang ada dalam jaringan terpaksa menuju aliran darah supaya darah tak terlalu kental.

Akibatnya, otot dan jaringan lain mengalami dehidrasi sehingga Anda ingin minum terus-menerus. Tubuh juga berusaha mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urin. Hal itulah yang mengakibatkan frekuensi buang air kecil meningkat.

Baca Juga: Waspada, berikut 10 ciri-ciri gula darah tinggi

Pandangan Mengabur

Ciri-ciri diabetes berikutnya adalah pandangan yang mengabur. Jika terus dibiarkan, kondisi itu bisa mengakibatkan katarak, glaukoma, hingga kebutaan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika pandangan mengabur. Apalagi jika muncul gejala-gejala yang lain.

Rasa Lapar Meningkat

Tak hanya dehidrasi atau kekurangan cairan, jaringan dalam tubuh penderita diabetes pun rentan mengalami kekurangan energi. Insulin yang tak bisa berfungsi secara normal mengakibatkan gula dari makanan yang Anda konsumsi kesulitan untuk masuk ke jaringan-jaringan tubuh.

Akibatnya, otot dan jaringan yang kekurangan energi mengirim sinyal sehingga rasa lapar selalu datang. Meski demikian, berat badan Anda justru mengalami penurunan.

Apalagi bagi penderita diabetes tipe 1. Healthline mengatakan bahwa kekurangan energi mengakibatkan tubuh membakar protein dan lemak sehingga berat badan turun.

Baca Juga: Catat, ini 5 ciri-ciri diabetes yang bisa Anda alami

Kelelahan

Salah satu ciri-ciri diabetes adalah kelelahan yang sering Anda rasakan.

Ciri-ciri diabetes lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah tubuh terasa lemas dan lelah dalam jangka waktu lama. Tubuh penderita diabetes kesulitan untuk mengubah gula menjadi energi. Akibatnya, tubuh Anda selalu merasa lelah.

Selanjutnya: Cara mengenali potensi penyakit jantung, cek dari tanda-tanda di kulit dan kuku

Editor: Belladina Biananda
Terbaru