Patut dicoba, ini 4 cara menurunkan gula darah untuk Anda

Sabtu, 20 Maret 2021 | 09:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Patut dicoba, ini 4 cara menurunkan gula darah untuk Anda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menurunkan gula darah sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Salah satunya dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi. Tidak hanya menurunkan gula darah, risiko berbagai macam komplikasi pun berkurang.

Mulai dari penyakit ginjal, penyakit jantung, penyakit saraf, dan lain sebagainya. Tidak hanya mengatur pola makan, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat yang lain. Dengan begitu, penyakit diabetes yang Anda derita tidak semakin parah.

Beberapa kebiasaan yang perlu Anda lakukan supaya jumlah gula darah lebih terkontrol adalah memiliki waktu tidur yang berkualitas, banyak minum air putih, mengatur menu makan, dan lain-lain. Meski demikian, pastikan tetap konsultasi rutin dengan dokter supaya kebiasaan itu tetap bisa memberi hasil maksimal.

Kelola Stres dengan Baik

Melansir Everyday Health (everydayhealth.com), stres mengakibatkan penurunan insulin dan peningkatan beberapa jenis hormon. Artinya, jumlah gula darah yang diproduksi liver pun meningkat sehingga mengganggu aliran darah.

Baca Juga: Catat! Ini minuman yang aman diminum penderita diabetes

Perhatikan Asupan Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu komponen yang membuat jumlah gula darah dalam tubuh meningkat. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan asupan karbohidrat setiap hari. Umumnya, Anda membutuhkan 200 g hingga 245 g karbohidrat per hari.

Namun, setiap orang membutuhkan jumlah karbohdirat yang berbeda-beda. Tergantung dari berat badan, usia, dan kegiatan yang sedang dijalani. Jadi, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada dokter mengenai seberapa banyak kebutuhan karbohidrat Anda per hari.

Perbanyak Asupan Serat

Memperbanyak asupan serat bisa jadi salah satu cara menurunkan gula darah.

Cara menurunkan gula darah selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan memperbanyak asupan serat. Mengutip dari Everyday Health, mereka yang mengonsumsi lebih banyak serat mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 15-19%.

Pria sebaiknya mengonsumsi 30-38 g serat per hari. Sedangkan wanita sebaiknya mengonsumsi 21-25 g serat per hari. Ada banyak sumber serat yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari buah, sayur, hingga kacang-kacangan sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga: Sederet bahan alami yang bermanfaat untuk mengobati diabetes melitus

Waktu Tidur Berkualitas

Cara menurunkan gula darah lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memiliki waktu tidur yang berkualitas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 dan risiko penyakit lain, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam tiap malam. Supaya lebih mudah untuk mendapat waktu tidur itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari mengatur suasana kamar tidur, hindari kafein dan alkohol, serta tidak menggunakan barang elektronik sebelum tidur.

Selanjutnya: Menderita diabetes melitus? Rambut jagung efektif mengobati diabetes melitus

Editor: Belladina Biananda
Terbaru