Pantangan Penderita Asma, Hindari Makanan Berikut

Jumat, 04 Maret 2022 | 13:38 WIB Sumber: Kompas.com
Pantangan Penderita Asma, Hindari Makanan Berikut

ILUSTRASI. Pantangan Penderita Asma, Hindari Makanan Berikut


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penderita asma harus menghindari sejumlah makanan yang menjadi pantangan. Berikut sejumlah makanan pantangan untuk penderita asma.

Makanan bukanlah pemicu penyakit asma yang umum. Namun, penderita asma yang memiliki alergi harus menghindari makanan tertentu agar tidak memperburuk asma. Gejala alergi makanan yang biasa ditemui mencakup gatal-gatal, ruam, mual, muntah, dan diare.

Makanan yang cenderung memicu gejala alergi adalah, telur, susu sapi, kacang kacangan, kacang pohon (kacang mete, almond, hazelnut, walnut, dll). Lalu, kedelai, gandum, ikan, dan juga kerang.

Makanan yang memperparah kondisi asma

Penderita asma harus menghindari sejumlah makanan pantangan agar kondisi asma tidak memburuk. Beberapa kandungan pada makanan seperti natrium bisulfit, kalium bisulfit, natrium metabisulfit, kalium metabisulfit dan natrium sulfit dapat memperparah kondisi asma.

Kandungan tersebut dapat ditemukan dalam makanan seperti, buah-buahan atau sayuran kering, kentang, serta anggur dan bir. Juga, jeruk nipis atau jus lemon kemasan, udang, serta akanan yang diawetkan.

Apabila menyadari makanan tertentu bisa memperburuk asma, hubungi dokter untuk menentukan apakah kita memiliki alergi terhadap makanan atau tidak. "Penting untuk digarisbawahi, tes kulit dan sebagian besar tes darah tidak berguna dalam diagnosis intoleransi makanan," catat spesialis alergi dan imunologi klinis, Ahila Subramanian.

"Dokter yang ahli di bidang alergi dan imunologi dapat menentukan apakah suatu reaksi konsisten dengan alergi makanan atau intoleransi makanan dengan meninjau riwayat kesehatan kita."

"Berdasarkan hal ini, mereka dapat menyarankan langkah selanjutnya yang sesuai."

Jika ditemukan makanan yang memicu reaksi asma, maka hindari makanan tersebut. Juga, jangan lupa membaca kandungan bahan-bahan makanan pada kemasan. Ketika memesan makanan dari restoran, pastikan hidangan itu tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan alergi.

Itulah daftar makanan pantangan penderita asma. Hindari makanan tersebut agar asma tidak memburuk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali, Jenis Makanan yang Bisa Memperparah Penyakit Asma",


Penulis : Gading Perkasa
Editor : Glori K. Wadrianto

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru