kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pantangan kolesterol ini wajib Anda perhatikan


Sabtu, 31 Oktober 2020 / 13:50 WIB
Pantangan kolesterol ini wajib Anda perhatikan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jika Anda tak ingin memperparah kondisi kesehatan Anda sendiri, sebaiknya hindari pantangan kolesterol.

Nah, berikut makanan yang menjadi pantangan kolesterol yang wajib Anda hindari:

Hati

Siapa yang suka mengonsumsi hati hewan? Meski kaya akan zat besi, jenis makanan ini tak bagus bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi.

Mengutip dari Thestreet.com, organ ini jadi sumber kolesterol utama. Selain hati, sebaiknya hindari organ-organ lainnya.

Margarin

Banyak orang yang menganggap margarin lebih baik dari mentega karena terbuat dari minyak sayur tak jenuh. Namun, hal itu ternyata tak benar.

Menurut sebuah penelitian, margarin mengandung lemak trans lebih banyak yang merupakan hasil dari minyak terhidrigenasi parsial (partially hydrogenated oil).

Baca Juga: 4 Manfaat daun kelor, bisa turunkan kolesterol dan gula darah

Lobster

Lobster adalah pantangan kolesterol selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Apalagi, bagi Anda yang sudah memiliki masalah jantung dan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Melansir dari Thestreet.com, terdapat 61 mg kolesterol dalam 3 ons lobster. Jumlah tersebut masih belum termasuk bahan tambahan lain.

Makanan cepat saji

Salah satu pantangan kolesterol adalah burger dan makanan cepat saji lainnya.

Burger adalah salah satu masakan cepat saji yang digemari oleh banyak orang. Jenis makanan ini mengandung banyak bahan, mulai dari bawang merah, keju, daging, hingga saus. 

Namun, Anda perlu berhati-hati karena burger yang Anda makan mengandung 85–175 mg kalori. Jika Anda terbiasa mengonsumsi burger dan tak mengaturnya dengan baik, kondisi kesehatan Anda bisa terganggu.

Tak hanya burger, kentang goreng dari restoran cepat saji juga tak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Kentang goreng mengandung partially hydrogenated oil sehingga tidak gampang busuk, mudah didistribusikan, dan bisa dipanaskan beberapa kali.

Makanan yang mengandung banyak partially hidrogenated oil tak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak lemak trans. Artinya, Anda perlu mengatur konsumsi kentang goreng dan jenis makanan cepat saji lainnya agar kesehatan Anda tak terganggu.

Baca Juga: Berikut 4 cara mudah mencegah penyakit jantung

Kuning telur

Pantangan kolesterol lain yang perlu Anda perhatikan adalah konsumsi kuning telur yang berlebihan. Jika Anda terpaksa mengonsumsi kuning telur di pagi hari untuk sarapan, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan lain yang membahayakan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Selanjutnya: Asam urat naik lagi? Infused water serai efektif meredakan asam urat Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×