kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panduan merawat anak sakit di rumah


Kamis, 02 Juni 2016 / 16:04 WIB
Panduan merawat anak sakit di rumah


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Tak semua penyakit anak harus dirawat di rumahsakit. Setiap orangtua bisa saja menyembuhkan buah hati yang sakit dengan perawatan sendiri di rumah.

Berikut panduan dari Popsugar.com yang harus diketahui dan lakukan saat mengobati anak sakit di rumah.

Sebelum memilih obat-obatan, orangtua sebaiknya mengetahui dosis yang tepat untuk si kecil. Obat-obatan sangat berbahaya jika tidak diteliti dan dapat menyebabkan aneka komplikasi yang malah memperburuk keadaan. Sebaiknya, orangtua tidak asal memberikan obat yang tidak sesuai dengan resep dokter.

Lebih baik gunakan cara tradisional untuk meredakan sakitnya. Misalnya saat anak merasa sakit gigi karena ada gigi tumbuh. Masukkan sendok ke dalam kulkas. Setelah dingin, masukkan sendok ke mulut agar si kecil merasakan nyeri yang berkurang.

Orangtua juga bisa memberikan makanan yang dingin seperti es krim yang akan memberikan rasa nyaman pada gigi. Hal serupa bisa dilakukan untuk mengatasi si kecil yang sakit telinga. Siapkan kain dan teteskan beberapa minyak esensial. Panaskan kain tersebut lalu lap bagian telinga.

Orangtua juga bisa membuat obat-obat untuk luka di kulit seperti luka bakar. Saat si kecil menderita luka bakar ringan, orangtua bisa membuat cairan sendiri untuk mengobatinya. Campurkan baking soda dan cuka kemudian gosok campuran tersebut ke area luka. Ingat, obat ini bisa diberikan pada luka bakar dengan skala kecil.

Selain luka bakar, air baking soda juga bisa menyembuhkan luka beset yang berukuran kecil. Tahukah bahwa untuk mengatasi radang tenggorokan bisa dengan marshmellow? Cobalah untuk memberikan si kecil marshmellow yang polos alias tanpa pewarna atau pemanis tambahan untuk meredakan tenggorokan yang terasa gatal.

Batuk juga menjadi penyakit langganan anak. Cobalah mengusapkan balsem pada telapak kakinya dan pakaikan si kecil kaus kaki hingga ia merasa hangat.Pusing dan sakit kepala juga sering dirasakan anak. Coba memijat bagian di telapak tangan antara jempol dan jari telunjuk untuk mengurangi rasa sakit di kepala.

Ada banyak cara mengobati anak sakit di rumah. Namun, harus segera membawa si kecil ke dokter jika ada banyak keluhan yang ia terima seperti demam disertai mual. Merawat anak di rumah hanya untuk gangguan kecil yang bisa diselesaikan dalam satu ingga dua hari saja.

(Niken-Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×