kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panduan Makanan Selama Isoman, Apa Saja, ya?


Minggu, 11 Juli 2021 / 12:00 WIB
Panduan Makanan Selama Isoman, Apa Saja, ya?


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - Memenuhi asupan gizi selama isolasi mandiri itu penting, lo, Moms. Bukan sekedar makan yang banyak, tetapi kebutuhan nutrisi yang tepat bisa menjadi hal penting menjaga imunitas dan proses penyembuhan covid. 

Menurut dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, SpGK dari rumah sakit MMC, Jakarta, selama isolasi mandiri mengkonsumsi makanan yang gizinya seimbang sepatutnya dilakukan orang yang terpapar covid. Lantas apa saja, jenis makanan yang tepat dikonsumsi selama melakukan isolasi mandiri?

Mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran

Untuk menjaga imunitas tubuh, buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang tepat ketika isolasi mandiri.

Dokter Raissa bilang, dari Jurnal Clinical Nutrition disebutkan beberapa makanan yang berdampak positif pada proses penyembuhan orang yang terpapar covid-19. Salah satunya yaitu buah-buahan dan sayuran.

Cukup banyak buah yang bisa dikonsumsi kata dr.Raissa. Sebut saja, buah apel dan anggur yang memiliki kandungan nutrisi antioksidan yang tinggi. Kemudian ada juga buah citrus dan jeruk yang merupakan sumber vitamin C.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Buah untuk Diet, Bisa Anda Coba 4 Rekomendasi Buah untuk Diet, Bisa Anda Coba

Pilih makanan yang berprotein dan berkarbohidrat

Tidak hanya buah-buahan dan sayuran, rupanya mengkonsumsi telur juga mampu menguatkan imun tubuh. Dijelaskan dr.Raissa, telur memiliki kandungan protein dan asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Satu butir telur juga memiliki kandungan kalori sekitar 54 kalori, dan vitamin A yang baik bagi tubuh. Disamping itu, untuk melengkapinya, mengkonsumsi makanan karbohidrat juga tidak disalahkan.

“Karena karbohidrat adalah sumber energi utama manusia. Jadi bisa mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tiga sampai empat kali sehari,” ujar dr. Raissa kepada Momsmoney, Selasa (6/7).

Katakan Tidak untuk Alkohol

Salah satu hal yang bisa menghambat penyembuhan covid kata dr. Raissa adalah mengkonsumsi alkohol. Menurutnya segala bentuk makanan atau minuman yang mengandung alkohol sangat tidak disarankan dikonsumsi saat isolasi mandiri di rumah.

Siapkan Protein Hewani dan Nabati

Bagi Moms yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah, mengkonsumsi makanan protein sangatlah penting untuk kekebalan tubuh.

Nah, selain telur, makanan protein yang tak kalah baik bagi tubuh adalah daging sapi, aneka kacang-kacangan dan susu. dr. Raissa menjabarkan, saat isolasi mandiri, dianjurkan sekali mengkonsumsi makanan seperti daging sapid an kacang-kacangan. Sebab, daging sapi memiliki kandungan zink, dan kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin yang banyak.

“Sebut saja kacang kedelai yang kandungan gizinya ada vitamin E, dan sumber protein dan asam amino yang bagus untuk tubuh,” jelas pemilik akun @dr.raissadjuanda.

Vitamin Hanya Tambahan

Beberapa waktu belakangan, banyak orang berburu bahkan rela antre demi membeli vitamin ke apotek dan toko perbelanjaan. Menurut dr. Raissa vitamin memang bisa menunjang nutrisi dan mempercepat penyembuhan covid. Hanya saja, mengkonsumsi vitamin hanya sebagai tambahan saja, bukan yang utama. Seperti Omega 3, Vitamin B1 Komplek, dan Vitamin C, Vitamin D, dan Zink yang bisa didapat di berbagai pusat perbelanjaan memang diperbolehkan untuk dikonsumsi. 

“Hanya saja untuk kandungan gizi yang terbaik tetap pada bahan makanan utama,” paparnya.

Selanjutnya: Masih Dibuka, Ini Syarat Pendaftaran KIP Kuliah untuk Universitas Swasta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×