kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi COVID-19 Memperparah Kondisi Kesehatan Jiwa Masyarakat


Minggu, 15 Mei 2022 / 06:21 WIB
Pandemi COVID-19 Memperparah Kondisi Kesehatan Jiwa Masyarakat
ILUSTRASI. Pandemi Covid-19 turut menyebabkan gangguan mental neurologis dan juga penggunaan zat.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Wahyu T.Rahmawati

ONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 turut menyebabkan gangguan mental neurologis dan juga penggunaan zat. Angka prevalensinya meningkat 1 sampai 2 kali lipat dibandingkan kondisi sebelum pandemi Covid-19. 

"Kondisi pandemi memperparah ataupun semakin mempengaruhi kesehatan jiwa," kata Direktur Kesehatan Jiwa, Kementerian Kesehatan drg. Vensya Sitohang pada dalam siaran pers, Jumat (13/5).

Kelompok yang terpapar dengan gangguan jiwa pun berbeda-beda. Psikiater Dr. dr. Hervita Diatri, Sp.KJ (K) menjelaskan kelompok orang yang terpapar gangguan jiwa itu berbeda-beda dan memiliki penatalaksanaan yang berbeda pula. Kelompok yang pertama adalah mereka yang sebenarnya normal sebelumnya atau tidak ada masalah kesehatan jiwa kemudian menjadi memiliki masalah sampai mengalami gangguan jiwa.

Kelompok kedua adalah mereka yang memang sejak awal sudah mengalami masalah kesehatan jiwa. Sebagai contoh, mereka yang sudah tinggal dengan kekerasan di rumah tangga. Kondisi itu membuat mereka menjadi begitu dekat dengan pelakunya terus-menerus di rumah tangga, sehingga masalah gangguan jiwanya menjadi lebih besar.

Baca Juga: Salah Satu Penyebab Utama Berkurangnya Kebahagiaan pada Remaja Berdasarkan Penelitian

Kelompok ketiga adalah mereka yang memang sebelumnya sudah memiliki masalah kesehatan fisik dan kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan. Sehingga sangat wajar kalau merasa cemas yang kemudian kankernya tambah berat, hipertensi, jantung, dan sebagainya menjadi berat. Demikian juga teman-teman dengan gangguan jiwa tidak bisa memiliki akses pengobatan

Kelompok terakhir adalah kelompok yang terutama banyak ditemukan di bulan Juli 2021 waktu gelombang kedua pandemi Covid-19. Ketika masalah oksigen langka sementara asupan oksigen ke otak itu kurang, bisa saja pada akhirnya menyebabkan gangguan jiwa yang menetap.

"Masalah bunuh diri sebagai contoh, di 5 bulan awal pandemi Covid-19 datang, survei menunjukkan bahwa 1 dari 5 orang di Indonesia usia 15 sampai 29 tahun terpikir untuk mengakhiri hidup. Selanjutnya 1 tahun pascapandemi oleh survei yang berbeda didapatkan data 2 dari 5 orang memikirkan untuk bunuh diri. Dan sekarang di tahun awal 2022 itu sekitar 1 dari 2 orang yang memikirkan untuk mengakhiri hidup," kata dr. Hervita.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Gerd Anxiety yang Rentan Terjadi di Usia Muda

Kesehatan Mental Prioritas Global

Sejalan dengan komitmen global untuk mengatasi masalah kesehatan mental, ASEAN plus Three Leader (Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Korea) mengakui bahwa promosi kesehatan mental diidentifikasi sebagai salah satu prioritas kesehatan di bawah agenda pembangunan kesehatan ASEAN pasca 2015.

Drg. Vensya melanjutkan promosi itu dilakukan antara lain dengan mempromosikan berbagai model dan praktek efektif tentang program dan intervensi kesehatan mental diantara negara anggota ASEAN, dan peningkatan integrasi program kesehatan mental di tingkat perawatan primer dan sekunder.

"Pandemi juga berdampak pada kesehatan mental dan penting untuk mendapatkan perhatian dari negara-negara di ASEAN, maka dalam rangkaian acara 15th ASEAN Health Ministers Meeting ini menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian masyarakat ASEAN terhadap kesehatan jiwa," ucap dia.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, 14 Mei: Tambah 308 Kasus Baru, Meninggal 5

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×