Panas Tak Kunjung Turun? Ini 6 Cara Mengatasi Demam yang Bisa Anda Lakukan

Senin, 25 April 2022 | 14:36 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Panas Tak Kunjung Turun? Ini 6 Cara Mengatasi Demam yang Bisa Anda Lakukan

ILUSTRASI. Cara mengatasi demam.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Demam adalah gangguan kesehatan di mana suhu tubuh meningkat secara dratis. Jika suhu tubuh tak kunjung turun, ada beberapa cara mengatasi demam yang bisa Anda lakukan untuk segera meredakan panas. 

Meskipun demam adalah rasa sakit yang harus dihadapi, anggap itu sebagai sistem peringatan dini tubuh Anda. Sebagian besar demam disebabkan oleh infeksi, jadi tubuh Anda menaikkan suhu dengan memindahkan darah dari permukaan kulit ke bagian dalam tubuh Anda.

Namun, jika suhu demam terus naik dan tidak menurun dalam tempo waktu yang cukup lama. Jangan ragu untuk segera memeriksaan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Baca Juga: Efektif Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Melansir dari Prevention, ada beberapa cara mengatasi demam yang bisa Anda lakukan di rumah dengan cepat dan efektif. Namun, cara-cara berikut ini hanya sebatas meredaka demam dalam waktu singkat saja. 

Memperbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi demam yang sangat mudah dilakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih. Pasalnya, air putih berperan penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi di saat suhu tubuh sedang tinggi.

Menghisap Es

Jika Anda terlalu mual untuk minum, cara mengatasi demam lainnya Anda bisa mengisap es. Untuk variasi, bekukan jus buah encer dalam nampan es batu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stretch Mark, Coba 5 Bahan Alami Ini

Kompres 

Kompres basah membantu mengurangi output suhu tubuh Anda. Ironisnya, kompres panas dan lembab juga bisa membantu. Jika Anda mulai merasa panas yang tidak nyaman, lepaskan kompres tersebut dan oleskan yang dingin ke dahi, pergelangan tangan, dan betis. 

Tutup bagian tubuh yang lain. Jika demam naik di atas 103°F, jangan gunakan kompres panas sama sekali. Sebagai gantinya, gunakan yang dingin untuk mencegah demam semakin tinggi.

Minum Obat Pereda Nyeri

Jika demam Anda membuat sangat tidak nyaman, minumlah pereda nyeri yang dijual bebas untuk orang dewasa seperti aspirin, asetaminofen, atau ibuprofen. 

Namun, sebelum mengkonsumsi obat tersebut baca aturan konsumsi dalam kemasan. Atau konsultasi ke dokter supaya demam bisa segera diatasi.

Baca Juga: Kurang Subur? Simak 7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Ini

Jangan Gunakan Pakaian Panas 

Cara mengatasi demam selanjutnya adalah dengan menghindari menggunakan pakaian yang panas. Hal tersebut dikarenakan agar panas tubuh bisa segera hilang dengan udara sekitar.

Jangan Lupakan Makan

Saat demam, Anda tidak boleh melupakan makan. Pasalnya, asupan makanan dapat meningkatkan energi dan imunitas tubuh sehingga demam bisa segera turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru