Tips Sehat

Pakaian terendam banjir? Bersihkan dengan cara ini, lebih hemat dibanding ke laundry

Kamis, 27 Februari 2020 | 15:24 WIB Sumber: Kompas.com
Pakaian terendam banjir? Bersihkan dengan cara ini, lebih hemat dibanding ke laundry

ILUSTRASI. Warga melintasi banjir di Perumahan Ciledug Indah, Kota Tangerang, Banten, Selasa (25/2/2020).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banjir sudah surut! Saatnya membersihkan perabot dan pakaian yang terendam banjir. Daripada buang uang ke laundry, Anda bisa membersihkannya sendiri.

Tentu, Anda harus menyiapkan tenaga ekstra untuk membersihkan rumah dan segala isinya pasca banjir melanda. Tapi, Anda harus teliti saat membersihkan barang-barang yang terendam banjir.

Maklum, air banjir mengandung banyak kuman, bakteri, dan virus yang bisa menyebabkan penyakit. Selain itu, air banjir bisa memicu tumbuhnya jamur.

Baca Juga: Sepatu kulit kesayangan terendam banjir? Bersihkan dengan cara ini

Makanya, Anda wajib mencuci semua perabot dan pakaian dengan teliti dan bersih. Alih-alih ke laundry, Anda bisa mencuci sendiri pakaian basah tersebut dengan cara sederhana berikut:

  • Anda bersihkan kotoran dan residu yang masih menempel di pakaian sesegera mungkin.
  • Kemudian, Anda rendam pakaian dengan air dingin agar noda tidak menempel lebih lama (tahap prewashing). Anda sebaiknya tidak menjejalkan terlalu banyak pakaian di dalam mesin cuci dengan isi air kapasitas normal. Biarkan pakaian terbilas, lalu Anda keringkan.
  • Anda ambil deterjen sesuai kebutuhan lalu tambahkan air dan larutkan perlahan sebelum menambahkan pakaian ke dalamnya.
  • Setelah melakukan prewashing, Anda lanjutkan ke tahap pretreat┬ádengan produk penghilang noda.
  • Untuk membantu menghilangkan noda protein, seperti kotoran, rumput atau darah, Anda tambahkan produk mengandung pelarut enzim.
  • Anda gunakan air paling panas untuk mencuci pakaian agar aman untuk segala jenis bahan serta gunakan deterjen bubuk. Sekedar info, deterjen bubuk lebih efektif dalam menghilangkan tanah liat dan kotoran lainnya.
  • Bila pakaian telah terkontaminasi oleh kotoran, Anda perlu menambahkan desinfektan. Catatan penting, deterjen yang sudah termasuk pemutih tidak cukup untuk mendisinfeksi pakaian, sehingga Anda masih membutuhkan pemutih tambahan.
  • Anda cek air yang digunakan untuk membilas pakaian. Anda sebaiknya mencuci pakaian hingga bersih secara optimal.
  • Bila air cucian kotor, artinya Anda perlu mencuci lagi pakaian tersebut dan sebaliknya. Bila terdapat jamur yang terlalu menempel, mungkin pakaian tersebut tidak bisa lagi diselamatkan.
  • Terakhir, Anda jangan mengeringkan pakaian hingga yakin pembersihan yang dilakukan telah maksimal.

Baca Juga: Promo Watson diskon hingga 50% masih ada hingga 1 Maret, jangan sampai ketinggalan

Penulis: Nabilla Tashandra

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Sederhana Selamatkan Pakaian yang Terendam Banjir"

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru