kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakai cara ini buat mengatasi hidung tersumbat, jangan pakai bawang putih!


Jumat, 23 Juli 2021 / 10:30 WIB
Pakai cara ini buat mengatasi hidung tersumbat, jangan pakai bawang putih!


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Ada banyak cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Beberapa waktu lalu teknik menghirup bawang putih melalui hidung dipercaya bisa meredakan gejala hidung tersumbat. 

Cara ini cukup menghebohkan setelah ada video viral tentang cara mengurangi hidung tersumbat dengan menghirup salah satu jenis bumbu dapur ini di media sosial Tiktok. 

Apakah cara ini aman untuk diterapkan? Menurut Dr. Chusnu Romdhoni, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), metode menggunakan bawang putih utuh tidak dianjurkan untuk melegakan hidung tersumbat. 

"Tidak ada metode pengobatan (hidung tersumbat) dengan cara tersebut,” ujar Dr. Chusnu seperti dikutip dari laman Unair

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hidung kita tersumbat. Faktor tersebut diantaranya: Infeksi (misalnya rinitis akut, rinitis kronis), alergi (seperti pilek alergi), atau tumor (misalnya kanker sinus dan hidung).

Baca Juga: Ini perawatan yang tepat bagi pasien positif Covid-19 sesuai tingkatan gejala

Cara mengatasi hidung tersumbat

Covid-19 memang tidak selalu menyebabkan hidung tersumbat, dan metode bawang putih utuh ini juga tidak direkomendasikan mencegah Covid-19. Memasukkan benda, dalam hal ini bawang putih, dapat menyebabkan iritasi pada rongga hidung. 

“Untuk pencegahan Covid-19 direkomendasikan untuk mencuci hidung dengan povidone iodine,” jelas Dr. Chusnu. 

Sedangkan cara untuk mengurangi atau mengatasi hidung tersumbat, dia menyarankan untuk menggunakan obat yang memiliki kandungan menthol

Penggunaan menthol lebih melegakan hidung seperti menggunakan produk vicks inhaler. Selain menggunakan obat-obatan, Dr. Chusnu juga menyarankan cara lain untuk melegakan hidung tersumbat. 

Untuk cara yang normal, Anda bisa mencari udara segar, membuka jendela dan ventilasi rumah, serta menghindari debu atau alergen. 

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mencuci hidung dengan air bersih. 

"Untuk yang beragama Islam, ada bagian dari wudhu yang namanya insyiqaq (menghirup air dan membuangnya sebanyak 3 kali). Bisa juga menggunakan uap hangat air atau berolahraga yang bersifat aerobic, seperti jogging, kardio, dan lain-lain,” tambahnya. 

Ada pula tips cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi hidung tersumbat. Pola hidup sehat, makan teratur, istirahat cukup, dan olah raga teratur menjadi cara mudah menghindari dan mengobati hidung tersumbat. 

Menggunakan masker dan menghindari alergen juga bisa membantu Anda terhindar dari hidung tersumbat. 

Selanjutnya: Ada lowongan di holding BUMN pertambangan untuk semua jurusan, ini infonya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×