Pakai bahan sederhana, begini 5 cara menghilangkan ketombe membandel dengan alami

Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pakai bahan sederhana, begini 5 cara menghilangkan ketombe membandel dengan alami

KONTAN.CO.ID -  Anda memiliki masalah dengan ketombe membandel? Ada beberapa cara untuk menghilangkan ketombe dengan bahan alami. 

Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Kulit kepala yang terkelupas karena sering digaruk menjadi salah satu penyebab banyaknya ketombe pada rambut. 

Kulit kering, alergi pada produk perawatan rambut, hingga jamur pada kulit kepala juga bisa menyebabkan munculnya ketombe.

Selain menggunakan produk perawatan rambut, Anda bisa menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami dan mudah ditemukan. 

Berikut rangkuman dari Healthline dan Medical News Today tentang lima cara menghilangkan ketombe membandel secara alami menggunakan bahan sederhana:

Baca Juga: Cara menghapus akun Google dari HP Android dan laptop secara permanen dengan mudah

  • Minyak kelapa

Coconut oil atau minyak kelapa memiliki beragam khasiat salah satunya membantu menghilangkan ketombe secara alami. 

Menggunakan bahan alami ini bisa membantu melembabkan dan mencegah kulit kepala kering. Kulit kepala yang kering bisa menambah ketombe Anda.

  • Lidah buaya

Cara selanjutnya untuk menghilangkan ketombe secara alami adalah dengan aloe vera atau lidah buaya. 

Saat ini sudah banyak produk kecantikan dengan bahan baku lidah buaya. Bahan alami ini dapat membantu meredakan gejala kulit terbakar dan berbagai kondisi lainnya. 

Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan anti jamur yang bisa membantu menghilangkan ketombe membandel. Bahan alami ini juga bisa membantu mencegah kerontokan rambut dan menjaga kelembapan kulit. 

  • Cuka apel

Cuka apel banyak digunakan untuk masalah kecantikan seperti menghilangkan bau badan hingga mengurangi berat badan. 

Kandungan asam pada cuka apel bisa membantu mengurangi ketombe berlebihan serta menyeimbangkan pH kulit. Selain itu, kandungan asam dari cuka ini juga membantu mencegah pertumbuhan jamur. 

Cara menggunakannya cukup mudah. Campurkan satu sendok teh cuka apel dengan sampo. Anda juga bisa mencampur cuka apel dengan minyak esensial lalu menyemprotkannya langsung ke rambut. 

Baca Juga: HP Android Anda hilang? Begini cara mudah melacaknya pakai Google tanpa aplikasi

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru